Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jangan Selfie di Mumbai, Melanggar Hukum!
Oleh : Redaksi
Sabtu | 27-02-2016 | 08:36 WIB
selfie_by_bbc.jpg Honda-Batam
Remaja sedang selfie di pinggir laut. (Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, Mumbai - Kota Mumbai di India telah melarang swafoto alias selfie sesudah terjadi peningkatan jumlah orang yang tewas saat mengambil foto mereka sendiri.

Kota yang dulu dikenal dengan nama Bombay ini mengumumkan larangan di 16 kawasan, seperti diberitakan di harian Inggris, Metro.

Mereka juga mengeluarkan peringatan untuk orang-orang yang mengambil gambar dengan risiko yang tinggi.

India saat ini menjadi negara dengan jumlah kematian akibat selfie terbanyak, dengan total 19 orang dari catatan keseluruhan sebanyak 49 orang di seluruh dunia sejak tahun 2014, menurut lembaga Priceonomics.

Bahkan Perdana Menteri Narendra Modi menggemari kegiatan ini, memajang secara online foto yang ia ambil sendiri bersama banyak pemimpin dunia.

Polisi Mumbai telah mengumumkan daerah-daerah di mana selfie dilarang terutama di tepi laut dan kawasan tanpa pagar pengaman.

Orang yang melanggar batasan ini, bahkan ketika mereka tidak melakukan selfie, terancam hukuman denda 1.200 rupee (sekitar Rp242 ribu).

Selain jumlah penduduk yang banyak -tercatat 1,25 miliar jiwa- pertumbuhan telepon pintar di India juga termasuk yang tertinggi di dunia, antara lain dipicu dengan harga ponsel pintar yang makin murah.

Tahun lalu, pemerintah India sudah mengeluarkan larangan selfie pada beberapa acara keagamaan. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani