Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disnaker Batam Tak Mau Ambil Pusing Soal TKI Ilegal
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 22-02-2016 | 17:12 WIB
Zarefriadi_Kadisnaker.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Zarefriadi

BATAMTODAY.COM, Batam - Terkait maraknya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang masuk ke Batam melalui Bandara Hang Nadim, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam mengaku tidak ambil pusing.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Zarefriadi, mengaku itu bukan kewenangan pihaknya untuk menindak para calon TKI yang masuk melalui Batam.

"Masalahnya mereka itu bukan warga Batam. Seharusnya ada penindakan dari daerah asal mereka untuk ditindak. Saya tidak tahu, mana TKI atau bukan ketika sampai di bandara," ujar Zaref saat ditemui, Senin (22/2/2016).

Menurut Zaref, seharusnya Badan Nasional Penempatan dan Pelindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Kota Batam yang harus bergerak menertibkan TKI ilegal tersebut.

"Kita tidak dilibatkan selama ini. Kalau mereka bermasalah, baru kita dilibatkan untuk membimbing mereka," katanya.


Apabila para TKI ilegal yang masuk ke Batam itu mau diberantas dengan tegas, harus ada koordinasi yang kuat lintas instansi yakni aparat keamanan seperti Kepolisian KKP, dan BNP2TKI.

"Mereka (TKI-red) ini kan lintas daerah. Harusnya koordinasi lintas intansi yang harus dikuatkan. Kita siap kok kalau dilibatkan," pungkasnya.

Editor: Dodo