Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Fokus Empat Program, Inilah Komitmen Abdul Haris Berantas Korupsi di Anambas
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 19-02-2016 | 09:36 WIB
Wakil-Bupati-Anambas_Abdul-Haris-SH.jpg Honda-Batam
Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris. (Foto: Dok Batamtoday.com) 

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, mengaku memikul tanggung jawab besar dalam pemberantasan tindak Pidana Korupsi di Kabupaten  Kepualauan Anambas. 


Hal itu, tidak terlepas dari banyaknya pejabat yang ditetapakan sebagai tersangka korupsi dari Kabupaten Kepulauaan ‎Anambas tersebut, yang saat ini sedang disidik dan dituntut, dan bahkan telah divonis oleh Pengadilan.

Ditanya komitmenya sebagai bupati terpilih dalam pemberantasan korupsi di Kepulauaan Anambas itu, Abdul Haris mengatakan, dirnya telah memerintahakan seluruh SKPD-nya, untuk melaksanakan seluruh kegiatan yang dananya bersumber dari APBD sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku. 

"Tapi kalau saat ini ada yang dilidik dan diusut kejaksaan atau disidang serta dihukum atas kasus korupsi oleh penegak hukum, hal ini memang sangat kita sayangkan, tetapi sebagai warga nehara Indonesia, Kita harus patuh dan taat dengan hukum yang belaku,"ujarnya pada BATAMTODAY.COM di Tanjungpinang usai pelantikan.

Kedepan, tambah Abdul Harris, pihaknya akan lebih intens untuk mengingatakan dan menyampaikan pada seluruh SKPD serta aparatnya, untuk tidak melakukan manipulasi dan berkerja lebih hati-hati, sesuai dengan Prosedur dan aturan yang berlaku, baik dalam membuat dan melaksanakan Program kegiatan ingga tidak bertentangan dengan hukum. 

Selain itu, Abdul Harris juga mengatakan, sebagai upaya transparansi, dalam pengalokasian, pihaknya juga akan melakukan pengawasan di internal pengawasan semua pihak juga diperlukan. 

"Selama ini juga sudah terbuka, tetapi dengan adanya sejumlah pejabat yang terjerat, setiap Kepala SKPD di Anambas perlu meningkatkan kinerjanya, hingga tidak salah dan gegabah dalam mengambil keputusan," ujarnya. 

Kedepan kata dia, selain melakukan Koordinasi dengan Pengak Hukum dalam pencegahan tindak pidana Korupsi, pihaknya juga akan melakukan penegasan pada Unsur Pimpinan masing-masing SKPD di Kabupaten Anambas.

Kemudian, selain komitmenya dalam memberantas korupsi, ‎ Bupati Kepualaan Anambas Abdul Haris juga fokus pada empat program prioritas. Yaitu, Perbaikan Pelayanan dan Birokasi, Pembangunan Anambas juga akan difokuskan pada Program pembangunan sarana Listrik, Air, Perhubungan dan Telekomunikasi. 

Empat hal ini yang akan kami fokuskan dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di Anambas, seaui dengan visi dan misi kami. Disamping, pelayanan pendidikan, dan kesehatan, dan program lainyan," ujar Abdul Harris pada wartawan di Gedung daerah usai dilantik Gubernur sebagai Bupati Anambas. 

Selain itu, pihaknya juga akan membenahi dan memperbaiki permasalahaan Internal dan eksternal khusunya mengenai managemant SDM dan Program yang akan dilaksanakan sesuai dengan visi dan misinya. 

Selain mengupayakan, pembangunan dengan menggunakan APBD Kepulauaan Anambas, Harris juga menyatakan, akan mensingkronkan pembangunan Anambas dengan program yang dilakukan oleh pemerintah. Khusunya, mengenai pelaksanaan pembangunan transportasi atau connectivity. 

"Pelaksanaan ‎inplementasinya, selain kapal laut dan transportasi udara juga harus diperbaiki, demikian juga mandeknya rute pesawat dari salah satau maskapai ke Anambas," ujarnya. 

Dalam ‎pembangunan sarana telekomunikasi, Abdul Haris mengatakan, akan mensosialisasikanya kepada Kemeninfo, dan mengundang investor untuk menanamkan investasi telekomunikasi, khususnya Anambas sebagai daerah terluar sangat membutuhkan, telekomunikasi dan informasi bagai masyarakat. 

"Selain itu, peningkatan PAD juga akan kami lakukan dengan menggali semua potensi yang ada khusunya dalam perikanaan, kelautaan, pertanian dan sektor lainya," ujarnya.

Editor: Dardani