Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

The Upstairs Rilis Ulang Album 'Matraman' dalam Format Kaset
Oleh : Redaksi
Kamis | 18-02-2016 | 13:10 WIB
the_upstairs_kaset.jpg Honda-Batam
Sampul kaset album Matraman yang dirilis ulang The Upstairs. (Sumber foto: Facebook The Upstairs)

BATAMTODAY.COM - Setelah sekian lama berkarya, The Upstairs kembali memberikan sesuatu yang spesial untuk penggemar mereka. Dalam rangka perayaan dua belas tahun album Matraman, unit new wave kebanggaan ibu kota ini berkeputusan merilis ulang album tersebut dalam format kaset. Patut dicatat bahwa kaset album Matraman pertama kali dikeluarkan pada 1 Agustus 2004, enam bulan setelah perilisan cakram padatnya.

Album Matraman perdana dirilis oleh Sirkus Records pada 14 Februari 2004. Pesta peluncurannya dirayakan di BB’s Café, Menteng, Jakarta dengan aksi pembuka Prilaku Menyimpank, The S.I.G.I.T., dan Ballads of the Cliché. Sepuluh tahun setelahnya, diluncurkan pula album Matraman dalam bentuk piringan hitam.

Berisikan sembilan lagu dengan hits macam “Apakah Aku Berada di Mars atau Mereka Mengundang Orang Mars” dan “Matraman”, album ini menjadi fenomenal dan langsung melambungkan nama The Upstairs. Bahkan beberapa lagu yang ada dalam album ini kemudian dimasukkan lagi ke album Energy  rilisan major label Warner Music Indonesia.

Perilisan ulang kaset kali ini dilakukan oleh Satelit Rekord dan telah beredar di beberapa toko musik independen. Kaset Matraman yang baru tampil dengan kemasan warna dominan hitam--berbeda dengan kaset cetakan pertama yang dominan putih--serta dijual seharga Rp 50 ribu.
 
Terkait perilisan ulang kaset ini, The Upstairs juga menjual kembali kaus band yang menampilkan desain sampul album Matraman.

Sumber: Rolling Stone