Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Singkep Barat Nyatakan 'Perang' dengan DBD
Oleh : Nur Jali
Senin | 15-02-2016 | 10:46 WIB

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Mewabahnya demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Singkep Barat, Lingga, membuat warga bahu membahu dan menyatakan 'perang' dengan penyakit mematikan itu.

Wujud 'perang' tersebut dituangkan dalam gotong royong yang digelar Puskesmas Singkep Barat, bersama dengan perangkat desa dan Pemuda Pancasila dengan membersihkan gorong-gorong di sekitar wilayah desa pada Minggu (14/02/16) kemarin.

Kepala Puskesmas Raya Kecamatan Singkep Barat dr Bukit Gultom mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mencegah terjadinya demam berdarah di mengingat saat ini sedang musim penghujan. Untuk mencegah penyakit DBD disarankan kepada masyarakat untuk melakukan 3 M (Menguras, Menutup dan Mengubur).

"3 M itu menguras tempat-tempat penampungan air di lingkungan rumah, seperti bak mandi dan lain-lain, menutup rapat tempat penampungan air agar tidak dimasuki jentik nyamuk, dan mengubur semua barang-barang bekas," kata Gultom, Senin (15/2/2016) pagi.

Beberapa wilayah dianggap rawan terjangkit penyakit DBD karena lokasi wilayah Singkep Barat yang memiliki lingkungan yang lembab, serta mudah terdapat tempat genangan air, dan masih banyak wilayah hutan.

"Semua orang berisiko terkena virus DBD termasuk anak yang berusia di bawah 15 tahun, akan mudah terjangkit," ungkapnya.

Sementara itu Camat Singkep Barat Siswadi mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh masyarakat untuk antusias melakukan goro secara masal di beberapa wilayah di Singkep Barat. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat Singkep Barat terbebas dari demam berdarah.

"Kita apresiasi dari hasil pertemuan kemarin dengan puskesmas direspons oleh masyarakat, dan kerja sama ormas dalam hal ini juga kita apresiasi," kata Siswadi.

Editor: Dodo