Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ciri Penganut Radikalisme, Cenderung Eksklusif dan Suka Mengkafirkan
Oleh : Gokli
Sabtu | 13-02-2016 | 16:22 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak semua lapisan masyarakat untuk pro aktif menangkal radikalisme. Mereka, penyebar paham radikal dan yang sudah terhasut dengan paham itu ada di tengah-tengah masyarakat.

Bagaimana menangkal dan mengenali penyebar paham radikal? Kepala BNPT RI, Komjen Pol Saud Usman Nasution, menjelaskan para penyebar dan penganut paham radikal itu cenderung eksklusif, membentuk kelompok tersendiri, tidak bergaul dengan masyarakat lain dan suka mengkafirkan.

"Jika menemukan kejanggalan atau yang dicurigai segera melaporkan ke aparat. Untuk orang-orang seperti itu harus dilakukan dialog," kata Saud, Sabtu (13/2/2016) siang di Batam.

Untuk itu, sambung Saud, semua pihak harus bersama-sama melakukan pencegahan, khususnya semua lapisan masyarakat harus peduli terhadap lingkungan sekitar. Baca juga: BNPT RI Pantau Pergerakan Ormas PETA

"Kalau ada orang baru di lingkungan kita agar diperhatikan dulu. Jangan karena alasan butuh uang, orang baru langsung dikasih ngontrak rumah. Harus benar-benar diperhatikan dulu," kata dia.

Saud juga menyampaikan, jika menemukan penyebaran paham radikal melalui media sosial bisa dilaporkan ke Kominfo atau ke website BNPT agar diblokir. Tetapi, kata dia, harus dicantumkan kapan dan apa yang dimuat dalam media sosial itu.

"Kita melakukan berbagai upaya untuk menangkal radikalisme ini. Yang terindikasi akan kita ikuti terus," ujarnya.

Editor: Dodo