Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Batam Antisipasi Lonjakan Pengangguran
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 06-02-2016 | 12:57 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemko Batam, Gintoyono Batong mengatakan akan mengadakan rapat dengan dinas terkait untuk membahas soal banyaknya pengangguran di Batam.

"Nanti saya akan mengadakan rapat antara dinas yang bersangkutan, supaya bisa menangani masalah ini," kata Gintoyono, kemarin.

Menurutnya, jika melihat banyaknya jumlah pencari kerja di Batam tidak menutup kemungkinan tidak hanya warga Batam saja tetapi juga banyak yang dari luar daerah yang ingin mengadu nasib di Batam.

"Tapi kalau saya lihat, itu bukan hanya warga Batam saja. Takutnya ada pecahan di Jakarta, yang mencari kerja ke Batam," ujarnya.

Ditambahkan Gintoyono, Pemko akan melaksanakan rekomendasi gubernur, yang isinya pemerintah kota akan memfasilitasi pengusaha dan perwakilan dari pihak terkait, untuk menyelesaikan masalah pengangguran. 

Namun disayangkan, mantan Kepala Dinas Tata Kota tersebut tidak mengetahui secara pasti angka pengangguran di Batam.

"Untuk pengangguran di Batam, saya belum dapat," tutup Gintoyono.

Sebelumnya, Sekretaris Komisi IV DPRD Batam, Udin P Sihaloho mengatakan tingginya angka pencari kerja di Batam yang terlihat dari membludaknya pelamar di PT Sumitomo, Mukakuning perlu disikapi serius oleh Pemerintah. 

 
"Pemko harus memperhatikan dan menyikapi tingginya angka pengangguran. Jangan tutup mata," kata Udin, Jumat (5/2/2016).

Ia menambahkan bahwa selama ini Pemko tidak memberikan angka pasti jumlah pengangguran di Batam. Saat ditanyakan malahan balik bertanya apa yang menjadi dasar yang menyatakan angka pengangguran cukup tinggi di Batam.

"Kalau lihat banyaknya pencakar di Mukakuning tadi, apa itu bukan menjadi dasar bahwa angka pengangguran tinggi?," tanya Udin.

Editor: Dodo