Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Pencaker Padati PT Sumitomo Wiring System Mukakuning
Oleh : Harun Al Rasyid
Jum'at | 05-02-2016 | 18:18 WIB
20739_sumitomo-wiring.gif Honda-Batam
PT. Sumitomo Wiring System Mukakuning Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan pencari kerja (pencaker) memadati Jalan Beringin Batamindo, tepatnya di depan PT Sumitomo Wiring System, Mukakuning Sei Beduk Batam. Mereka ingin mengantarkan lamaran kerja. Lowongan di perusahana asal Jepang itu hanya untuk 80 orang, tapi diserbu ribuan orang buruh.


Andika (21) salah tau pencaker, mengatakan, dirinya sejak pukul 07.00 WIB sudah berada di lokasi tersebut. Namun sayang lamarannya ditolak, lantaran pelamar laki-laki akan diterima lamarannya, Selasa (9/2/2016) depan. 

Dikatakannya, rencana awalnya pihak perusahaan berdasarkan info lowongan yang ditempel, karyawan yang dibutuhkan yakni  60 perempuan sementara laki-laki 20 orang.

"Sudah harap-harap mau melamar malah yang diterima cewek duluan. Laki-laki Selasa nanti. Padahal sudah antri dari tadi," tutur Andika. 

Para pencaker yang berdesak-desakkan tersebut bukan hanya pengangguran saja. Melainkan pekerja yang ingin mencari pekerjaan lain yang lebih layak. Lantaran gaji yang ditawarkan serta bonus OTI (over time) dengan iming-iming pendapatan yang besar menjadikan mereka rela harus berdesak-desakan. 

"Saya sudah kerja di Pujasera tapi gajinya kecil, sementara waktu kerja padat. Pengen kerja PT sajalah," ujar Yanti (22) yang mengaku kerja di wilayah Bengkong. 

Sementara itu Security PT. Sumitomo Wiring System, Valentinos Pulo memperkirakan pelamar tembus angka 2.500 bahkan lebih. Para pencaker itu sudah memadati halaman depan PT. sejak pagi hari. 

"Pagi-pagi sudah banyak yang datang. Hampir mendekati 3 ribu oranglah," pungkas Valentinos. Baca: Good News! PT Sumitomo akan Rekrut Ribuan Karyawan di 2016

Editor: Dardani