Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ayo Ikuti Lomba TTG, Raih Hadiah Total Rp74 Juta
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 30-01-2016 | 11:35 WIB
pebrialin-jadi1.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMKP-UKM) Kota Batam, Febrialin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2016 dengan total hadiah Rp 74,5 juta bagi masyarakat yang dapat membuat ide kreatif dalam TTG 2016.

Lomba Inovasi TTG mengambil motto “Daya kreatif dn Inovatif untuk Produktif akan Membangun Kesejahteraan Masyarakat Batam”.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMKP-UKM) Kota Batam, Febrialin mengatakan peserta lomba terbagi dalam dua kategori yakni pelajar (SMP, SMA/SMK) dan mahasiswa/umum (mahasiswa, masyarakat umum, akademisi, Posyantek maupun swasta).

"Diharapkan pelajar/mahasiswa dan masyarakat dapat ikut serta menjadi peserta dan merebut hadiah yang disediakan," kata Febrialin, Sabtu (30/1/2016). Baca: Berhadiah Total Rp74,5 Juta, Lomba TTG 2015 Kembali Digelar di Batam

Dinas PMPK-UKM Kota Batam, dijelaskannya akan menggelar lomba TTG dan TTG unggulan tahun 2016 pada minggu keempat bulan Maret 2016. Pemko Batam membuka seluas-luasnya kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti lomba tersebut.

Persyaratannya yakni Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP/Kartu Pelajar/Surat keterangan Dekan/Kepsek dan berdomisili di wilayah Batam. Peserta dapat mengambil formulir pendaftaran kepesertaan mulai 20 Januari 2016 di Dinas PMPK-UKM Kota Batam atau download di http://skpd.batamkota.go.id/koperasi.

"Pendaftaran peserta paling lambat 20 Maret 2016 pukul 16.00 WIB dengan membawa proposal temuan TTG dan foto dokumentasi ke kantor Dinas PMPK-UKM Kota Batam di Jalan Pramuka no. 1 Sekupang," katanya.

Febrialin menjelaskan Persyaratan lainnya yakni TTG yang menjadi temuan benar-benar TTG yang dapat memberikan nilai tambah baik kualitas maupun kuantitas terhadap produk yang dihasilkan para pelaku UMKM dan pihak yang berkepentinga (Stakeholder) serta sudah diujicobakan (bukan hasil prakarya sekolah).

Selain itu, TTG yang belum pernah meraih prestasi pada tahun-tahun sebelumnya dapat diikutsertakan kembali dengan melakukan penyemurnaan dan belum pernah menjadi juara nasional serta bukan merupakan replica dari TTG yang sudah ada.

Proses penilaian dilakukan melalui dua tahap penilaian yang masing-masing memiliki sub kriteria dan bobot nilai. Tahap 1 penilaian berdasarkan makalah atau kelengkapan dan kejelasan dokumen usulan serta bobot nilai kriteria. Pada tahap ini tim seleksi akan menetapkan 35 orang/tim finalis. Sementara tahap-2 tim seleksi menetapkan kategori pelajar juara 1-3 dan kategori mahasiswa/umum juara 1-3 berdasarkan bobot nilai.

Editor: Dodo