Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspada! Gelombang di Perairan Kepri Capai 4,5 Meter
Oleh : Hadli
Selasa | 26-01-2016 | 14:57 WIB
gelombang_tinggi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam masih memperkirakan gelombang tinggi dan arus kencang terjadi di wilayah perairan Kepulauan Riau.

"Untuk aktivitas kelautan diimbau agar lebih berhati - hati terhadap gelombang laut yang  tinggi di perairan Bintan, Tanjung Pinang, Natuna dan Anambas serta arus laut yang  kuat di wilayah perairan Kepulauan Riau," kata Kepala Stasiun BMKG Batam, Philip Mustamu, Selasa (26/1/2015). 

Berdasarkan data yang dirangkum BATAMTODAY.COM melalui BMKG Batam, untuk hari ini, tinggi gelombang perairan Batam 1,5 meter (m) dengan kecepatan arus 40 (NW) centimeter (cm) per detik. Tinggi gelombang di perairan Bintan dan Tanjungpinang 2,5 m dengan kecepatan arus 70 (NW) cm per detik. Karimun 1,5 m dengan kecepatan arus 25 (NW) cm per detik. 

Sedangkan untuk gelombang di perairan Lingga setinggi 2 m dengan kecepatan arus 70 (NW) cm perdetik. Natuna setinggi 4 m dengan kecepatan arus 70 (W) cm. Anambas tinggi gelombang maksimal 3 m dengan kecepatan arus 70 (NW) cm perdetik. 

Potensi tinggi gelombang dan kecepatan arus pada Rabu (27/1/2016) untuk perairan Natuna dan Anambas mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Tinggi gelombang di perairan Natuna mencapai 4,5 m dengan kecapatan arus 80 (W) cm perdetik. Anambas 4 m dengan kecepatan arus 80 (W) cm perdetik. 

Potensi tinggi gelombang berikutnya berada di wilayan perairan Bintan dan Tanjung Pinang yakni obak setinggi 2 m dengan kecepatan arus 80 (NW) cm perdetik. Selanjutnya Batam dan Lingga tinggi ombak 1,5 m. Kecepatan arus di Batam 25 (NW) cm perdetik, Linga 40 (NW) cm perdetik disusul Karimun setinggi 1 m dengan kecepatan arus 15 (NW) cm perdetik. 

Menurut Philip, peristiwa itu terjadi karena adanya pusat tekanan rendah di Samudera Hindia bagian selatan Pulau Jawa yang mengakibatkan terbentuknya daerah konvergensi dan pola belokan angin (shearline) yang terbentuk di atas wilayah Kepulauan Riau. 

"Hal ini menyebabkan perlambatan kecepatan angin yang berpotensi pada penumpukan  massa udara dan mendukung dalam proses pertumbuhan awan. Nilai kelembapan udara yang cukup tinggi di lapisan atas juga menambah potensi pertumbuhan awan+ awan konvektif," ujarnya. 

Sedangkan untuk cuaca pada Selasa hari ini dan Rabu (27/1/2015) di wilayah Batam, Bintan, Tanjungpinang, Karimun, Lingga, Natuna serta Anambas diperkirakan berawan dan berpotensi hujan ringan yang disertai gemuruh petir. 

Editor: Dodo