Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inggris Sesuaikan Jadwal Ujian Sekolah dengan Ramadhan
Oleh : Redaksi
Kamis | 07-01-2016 | 09:31 WIB
exam_by_pa.jpg Honda-Batam
Anak-anak sekolah di Ingggris. (Foto: PA)

BATAMTODAY.COM, London - Sebagian jadwal ujian akhir sekolah menengah Inggris, GCSE dan A-Level, tahun ini akan disesuaikan dengan pelaksanaan ibadah puasa pada bulan Ramadan.


Dewan Bersama untuk Kualifikasi, JCQ, mengatakan sejumlah besar ujian untuk mata pelajaran inti akan dilakukan sebelum Ramadan, yang tahun ini diperkirakan akan mulai pada 6 Juni.

Bagaimanapun tidak akan ditempuh perubahan secara menyeluruh dengan jadwal ujian GCSE dan A-Level murid-murid di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara digelar pada 16 Mei hingga 29 Juni 2016.

Penyesuaian jadwal ujian untuk mata pelajaran inti ditempuh setelah berkonsultasi dengan kelompok-kelompok umat Islam di Inggris.

Selama bulan Ramadan, umat Muslim berpuasa sepanjang hari dan sejumlah kepala sekolah mengungkapkan kemungkinan pengaruh puasa terhadap kemampuan mereka saat ujian.

Direktur JCQ, Michael Turner, mengatakan banyak hal yang dipertimbangkan sehingga tidak semua ujian bisa disesuaikan dengan Ramadan.

"Ketersediaan waktu yang sempit untuk ujian, sejumlah besar murid yang ikut ujian, dan beragamnya mata pelajaran yang tersedia untuk murid, membuat pembatasan dalam perubahan untuk mengakomodasi satu kelompok," jelas Turner.
"Bagaimanapun JCQ memenuhi kebutuhan berbagai kelompok sebisa mungkin."

Sejumlah kepala sekolah akan bertemu dengan kelompok dan organisasi Islam untuk mengkaji lebih jauh bagaimana bisa bekerja sama untuk menyusun petunjuk bagi sekolah dan akademi terkait ujian akhir tersebut.

Editor: Dardani