Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Minuman Kaleng Impor Mulai Banjiri Karimun
Oleh : Alrion/Dodo
Kamis | 04-08-2011 | 12:04 WIB
minuman-kaleng.gif Honda-Batam

Dua pekerja sedang memuat minuman kaleng ke dalam mobil bak terbuka untuk dikirim ke toko-toko. (Foto: Alrion)

KARIMUN, batamtoday - Berbagai jenis minuman kaleng impor mulai membanjiri pasar di Karimun. Pasokan minuman kaleng dari negara tetangga, Malaysia itu ditengarai didatangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Idul Fitri nanti.

Pantauan batamtoday di Meral pada Kamis, 4 Agustus 2011 mendapati pasokan minuman kaleng mulai berdatangan dan disimpan di dalam sebuah gudang. Beberapa mobil bak terbuka juga terlihat sedang memuat minuman kaleng tersebut untuk didistribusikan ke toko-toko.

Diperkirakan pada menjelang Lebaran nanti, kebutuhan minuman kaleng di Karimun mencapai 40 ribu case. Dan saat ini di beberapa supermarket maupun toko, sudah tampak tumpukan minuman kaleng yang siap dipasarkan ke konsumen.

Harga per case minuman kaleng tersebut berkisar Rp42 ribu dan diharapkan kalaupun terjadi kenaikan harga jangan sampai terlalu tinggi.

"Paling tidak harga tertinggi diharapkan sekitar Rp45 ribu per case-nya," ujar Sudarmadi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Karimun.

Sudarmadi mengatakan pihaknya tetap akan melakukan pemantauan harga dan ketersediaan pasar seluruh komoditi sembako, termasuk minuman kaleng, agar tidak terjadi lonjakan harga yang memberatkan masyarakat.