Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rapat Konsilidasi Penyerapan Aspirasi DPD-RI di Kepri

Perlu Kekompakan dan Dukungan DPD-RI untuk Pembangunan Daerah
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 22-12-2015 | 18:20 WIB
IMG_20151222_113457_edit.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Penjabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana menyebut perlunya kekompakan dan dukungan DPD-RI demi kemajuan pembangunan Daerah (Foto : Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana menyambut baik pelaksanaan rapat konsolidasi penyerapan aspirasi daerah, sebagaimana yang dilaksanakan Anggota DPD-RI dari Dapil Kepri. Sebab, dalam pelaksanaan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, perlu dukungan dan kekompakan semua unsur.


"Dengan tema 'Peningkatan Daya Saing SDM Untuk Percepatan Pembangunan Wilayah Perbatasan di Kepri' ini, sangat relevan bagi Provinsi Kepri, khusunya daerah Kepri yang merupakan wilayah terdepan dan terletak di perbatasan," ujarnya Agung Mulyana saat menghadiri rapat konsolidasi penyerapan aspirasi yang dilaksanakan DPD-RI asal Kepri di Hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (22/12/2015).

Dalam menghadapai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kata Agung lagi, terdapat tiga ciri khas yang diutamakan. Diantaranya kemudahaan bergeraknya SDM tenaga kerja profesional antar negara Asean, kemudian kemudahaan bergeraknya investasi dan modal antar negara Asean serta kemudahan bergeraknya barang antar negara Asen.

"Dalam sektor SDM dan tenaga kerja profesional, hingga saat ini Provinsi Kepri perlu mempersiapkan SDM dan tenaga kerja yang handal, hingga tidak tergerus dengan Tenaga Kerja Asing dengan standard profesional yang bagus, dari negara Asean lainnya," ujarnya.

Selama ini, Pemerintah Provinsi Kepri terus melakukan peningkatan SDM di Kepri melalui pendidikan dan pelatihan di daerah. Pemerintah telah melakukan pembangunan banyak sekolah Kejuruaan di daerah. Hanya yang menjadi kendala, pelaksanaan sertifikasi Sejumlah tenaga kerja yang sudah memiliki profesi keahliaan, belum sepenuh-nya dilakukan. Sebab sejumlah perlatan praktek dan sarana prasarana BLK di Kepri hingga saat ini, sudah ujur dan perlu kembali ditata.

"Pelaksanaan pengoperasian dan pembiayaan tenaga pengajar di BLK ini membutuhkan dukungan Pusat, dan dengan keberadaaan Senator Kepri disini, hendaknya kedepan akan dapat diperjuangkan, hingga BLK sebagai lembaga pencetak tenaga profesional, akan dapat dimanfaatkan," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Agung lagi, dalam peningkatan SDM Kepri untuk menghadapi MEA yang sudah didepan mata, tersebut, ‎perlu kekompakan dalam pengembangan SDM, yang didukung kebijakan Politis dari Senator DPD-RI asal Kepri.

Tanpa kekompakan, Agung menyatakan akan sulit bagi daerah dan masyarakat Kepri untuk mengelola Sumber Daya Alam. Kendati kawasan dan lokasi Provinsi Kepri yang letak-nya sangat strategis di dua negara perbatasan.

Sebagai beranda besar negara, Provinsi Kepri memiliki potensi besar dalam pengembangan kawasan, hingga hal ini perlu digali, khusunya SDA kemaritiman. Dan yang terpenting, kuncinya adalah penyiapan SDM dan dukungan program pembangunan yang direncanakan dari Senator Kepri.

"Salah satu hal utama yang‎ yang sangat dibutuhkan Kepri, selain pelaksanaan Pendidikan STK Penerbangan adalah revitalisasi perlengkapan Balai Latihan Kerja Provinsi Kepri yang perlu diganti. Melalui keberadaan Senator DPD-RI ini diharapkan nantinya akan dapat berbicara dan mengajukan langsung kepada Menteri Tenaga Kerja, hingga dapat digunakan untuk melatih SDM yang handal di Kepri dan dapat bersaing dengan SDM lainya," pungas Agung.

Editor: Udin