Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kawal Rapat Pleno KPU, Polresta Barelang Kerahkan Hampir 1.000 Personil
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 14-12-2015 | 19:39 WIB
IMG_20151214_143939.jpg Honda-Batam
Kapolres Barelang, Kombes Asep Safrudin. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Barelang mengerahkan hampir seluruh personil dalam pengamanan rapat pleno hasil perolehan suara Pilkada Kepri dan Kota Batam tingkat kota oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam.

"Hampir 1.000 personil yang akan diturunkan. Tapi itu gabungan dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP. Nantinya mereka akan disebar di sudut kantor KPU," ujar Kapolresta Barelang Komisaris Besar Asep Safrudin usai rapat dengan komisioner KPU, Senin (14/12/2015).

Dalam rapat tadi, kata Asep, pihaknya membahas mekanisme yang akan dilakukan pada rekapitulasi penghitungan suara, termaksuk tempat dan waktu pelaksanaanya.

"Nanti sore baru dikasih tau tempat dan waktunya oleh komisioner. Karena masih ada kecamatan yang lain belum selesai," ujarnya.

Menurut Asep, dalam rapat pleno memang kondisi terbuka, namun hanya orang-oprang tertentu yang boleh masuk dalam rapat sidang nanti. Seperti anggota PPK, sanksi paslon dan penempatan wartawan.

Sementara untuk massa dari paslon dilarang masuk ke ruang sidang, guna mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan saat pleno tengah berlangsung.

"Rencananya kalau rapat pleno di KPU Batam, Sekupang, di luar nanti akan disediakan layar lebar. Sehingga yang di luar juga bisa menyaksikan berlangsungnya pleno.

Editor: Dardani