Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemungutan Suara Ulang di Kibing dan Tiban Lama Sepi Pemilih
Oleh : Harun al Rasyid/Irwan Hirzal
Sabtu | 12-12-2015 | 12:34 WIB
pemilu-ulang-kibing.jpg Honda-Batam
Suasana TPS 19 Kibing. Batuaji yang sepi dalam pemungutan suara ulang Pilkada 2015. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemungutan suara ulang di TPS 19 Kelurahan Kibing, Batuaji sepi pemilih. Hingga pukul 11.00 WIB, baru 58 dari 324 pemilih sesuai DPT yang mendatangi TPS tersebut, Sabtu (12/12/2015).

Dari pantauan, proses pemungutan suara ulang ini dijaga ketat oleh aparat kepolisian, TNI dan anggota Linmas.Untuk batasan waktu pencoblosan ulang, Andri Zuliandri utusan dari panwaslu mengatakan, tetap sama seperti yang ditetapkan KPU. Setelah pencoblosan, dilakukan penghitungan ulang seperti biasa. 

"Waktu tetap sampai jam 1 siang seperti biasa," ujarnya. 

Sementara ketua PPK Kecamatan Batuaji Yusnan mengatakan, sebelum diadakan pemilihan ulang, dilakukan imbauan melalui perangkat RT RW untuk mengumumkan di masjid setempat. 

"Kita sudah berikan undangan semalam dengan pola door to door oleh petugas KPPS," kata Yusnan. 

Sementara itu, penjagaan ketat juga dilakukan aparat dalam pemungutan suara ulang di TPS 2 Tiban Lama. "Ada puluhan anggota Polsek Sekupang dan dibantu Linmas dan TNI untuk menjaga. Agar tidak kecolongan seperti kemarin," ujar Kapolsek Sekupang, Ferry Aprizon.

Partisipasi masyarakat sangat minim, dari 292 jumlah Daftar Pemilih Tetap di TPS 2, baru 112 pemilih yang menggunakan hak suaranya. Hal ini lantaran mayoritas masyarakat banyak yang bekerja.

"Kemarin ada 206 pemilih yang menggunakan hak suaranya. Sekarang baru 112 orang yang baru memilih," ujar Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Hadi Suwignyo.

Menurut Hadi pemilih ulang ini tetap seperti sebelumnya yakni warga harus membawa formulir C-6 dan mengambil nomor antrean. "Ini digelar sampai jam 13.00 WIB baik pemilih yang terdaftar DPT maupun DPTB1," pungkasnya.

Editor: Dodo