Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Teledor, Sisa Logistik Pilgup Kepri di TPS VII Gunung Lengkuas Malah Dimasukkan ke Kotak Suara Pilbup
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 12-12-2015 | 11:46 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Diduga akibat keteledoran dari Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) di TPS VII Kelurahan Gunung Lengkuas, sejumlah berkas dan sisa logistik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri dimasukkan pada kotak suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Bintan.

Akibatnya, saat melakukan rekapitulasi hasil perolehan suara Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri di tingkat PPK Kecamatan Kijang, ditemukan kotak suara Pilgub dari TPS VII Gunung Lengkuas dalam keadaan kosong pada Jumat (11/12/2015) kemarin. 

Sekretaris KPPS Kelurahan Gunung Kijang, Ivan mengatakan, kalau kesalahan peletakan berita acara dan form C1 serta logistik lain Pilgub di TPS VII itu, bukan merupakan sesuatu hal yang disengaja. Tetapi atas kesilapan dari anggota KPPS hingga dicampur dengan berkas berita acara serta logistik di dalam kotak pilbup. 

"Kalau suara tidak ada perubahan, hanya kesilapan penempatan berita acara dan berkas C1 serta logistik sisa surat suara pilgub ke dalam kotak suara pilbup saja," jelasnya, Sabtu (12/12/2015). 

Atas hal itu, sejumlah pengawas dan saksi masing-masing paslon juga sempat mempertanyakan. Apaagi, rekapitulasi yang dilaksanakan PPK Bintan Timur saat itu, baru terhadap perolehan suara pada paslon Gubernur.

Sedangkan, rekapitulasi perhitungan suara untuk bupati, sebagaimana yang disepakati sebelumnya masih belum dilakukan. Atas dasar itu, dengan membuat berita acara dan dimusyawarahkan bersama Panwas dan saksi pasangan calon bupati dan gubernur, dilakukan pembukaan kotak suara pilbup dari TPS VII dan ditemukan, semjulah logistik, serta Form C1 Plano, dan berita acara pemungutan suara di TPS VII di dalam kotak suara Pemilihan Bupati Bintan itu. 

Atas kejadian itu, saksi pasangan SAH di Kijang menyatakan protes dan meminta pembuatan Berita acara atas temuan tersebut.

Editor: Dodo