Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jaksa Agung Lantik Andar sebagai Kejati Kepri, Sudung Jadi Kejati DKI
Oleh : Irawan
Jum'at | 11-12-2015 | 20:16 WIB
Jaksa agung.jpg Honda-Batam
Jaksa Agung HM Prasetyo

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo melantik Andar Perdana Widiastono sebagai Kepala Kejakasaan Tinggi (Kajati) Kepulauan Riau (Kepri) menggantikan Sudung Situmorang yang diangkat Kajati DKI Jakarta. 

Pelantikan Andar dan Sudung dilakukan secara bersama-sama dengan pejabat eselon II berjumlah 27 jaksa di lingkungan Kejaksaan Agung dan Kejakasaan Tinggi berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Kep-196/A/JA/12/2015, tertanggal 8 Desember 2015.

Sudung mengisi kekosongan jabatan Kajati DKI Jakarta, yang ditinggalkan Adi Toegarisman yang diangkat sebagai JAM Intel Kejaksaan Agung. Sementara Andar, sebelum diangkat sebagai Kajati Kepri adalah Wakil Kajati Kalimantan Barat.

Pelantikan 27 jaksa itu bertempat di Sasana Baharudin Lopa, Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Prasetyo berharap para pejabat baru bisa membawa kejaksaan ke arah yang lebih baik. Selain itu, Jaksa Agung juga berpesan agar pejabat baru bisa terbiasa dengan tudingan yang saat ini banyak ditujukan ke kejaksaan.

"Aparat kejaksaan jangan tipis telinga mendengar kritik. Konsisten sangat penting untuk jaga semangat, tekad dan kesungguhan," kata Prasetyo.

Selain itu, menurut Jaksa Agung, pelantikan ini sebagai bentuk penyegaran personel dan merupakan sebuah dinamika dalam kehidupan berorganisasi.

Jaksa Agung juga menegaskan para pejabat yang dilantik sudah melewati tahap seleksi dan sesuai prosedur. Tahapan dan prosedur tersebut sudah berdasar pada keputusan pimpinan Kejaksaan.

Dalam pelantikan itu, Jaksa Agung juga melantik Warih Sudono yang sebelumnya ditugaskan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Warih Sudono, sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Penindakan KPK dilantik sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat.

"Pada hari ini, kami juga mempromosikan saudara Wari Sudono yang sebelumnya bertugas di KPK untuk bertugas ke Kalimantan Barat," kata Prasetyo.

Penempatan Wari sebagai Kajari Kalimantan Barat, menurut Jaksa Agung merupakan upaya pihaknya dalam memberikan perhatian pada jaksa yang ditugaskan di lembaga lain.

"Jaksa yang ditarik nantinya kami persiapkan penggantinya," katanya.

Selain Warih, dalam acara pelantikan tersebut, tampak juga Maruli Hutagalung yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus). Maruli kini ditempatkan sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri Jawa Timur.

Selain itu, Jaksa Agung melantik pula Kajati Aceh Raja Nafrizal, Dir Eksaminasi Pidsus Ahmad Djainuri, Kajati Sumbar Widodo Supriyadi.

Lalu, Dir TP Oharda Pidum Godang Riadi Siregar, Kapus Badiklat Sri Harijati, Kajati Kaltim Abdoel Kadiroen

Kemudian Kapuslitbang Nurwinah, Dir Perdata Datun Tarmizi, Dir Tun Datun Johanis Tanak, Kajati Maluku Jan Samuel Maringka.

Selanjutnya, Dir III Intel Agus Riswanto, Dir Tut Pidsus Sugiyono, Kajati Sulses Hidayatullah, Kajati Kalbar Warih Sadono, Dir Dik Pidsus Fadil Zumhana.

Terakhir, Kajati Bali Abdul Muni, Kajati Sulteng Isran Yogi Hasibuan, Kajati Babel Happy Hadiastuty, Kajati Sultra Sugeng Djoko Susilo, Kajati Bengkulu Ali Mukartono.

Editor: Surya