Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peduli Lingkungan, Lanal Batam Tanam 2.000 Bibit Mangrove
Oleh : Romi Candra
Jum'at | 11-12-2015 | 19:24 WIB
IMG_1837.jpg Honda-Batam
Kegiatan penanaman bibit mangrove bersama Lanal Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai rasa cinta bahari dan peduli terhadap lingkungan pesisir di wilayah Lanal Batam dan sekitarnya, Lanal Batam yang bekerjasama dengan Bapedal Kota Batam menanam 2000 bibit pohon Mangrove, di sepanjang pantai Mako Lanal, Tanjungsengkuang, Jumat (11/12/2015).

Kegiatan tersebut, langsung dipimpin Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam Kolonel Laut (P) R. Eko Suyatno, bersama Kabid Pelestarian Bapedal Kota Batam Ibu Mince Sihotang dan pegawai Bapedalda Kota Batam, serta bersama Prajurit Lanal Batam dan anggota Saka Bahari Lanal Batam. Turut hadir Perwira Staf, Dandenpomal Lanal Batam serta Komandan Posal.

Disebutkan Eko, penananam pohon mangrove tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Armada RI Tahun 2015, dan akan dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kondisi pasang surut air laut di lokasi penanaman. "Ada sekitar 2000 bibit yang kita tanam, dan dilakukan bertahap. Penanaman ini dimulai hari ini," kata Eko.

Kondisi hutan mangrove di wilayah Batam saat ini lanjutnya, cukup memperhatinkan. Hal itu disebabkan pesatnya jumlah pertumbuhan penduduk yang mengakibatkan wilayah kawasan mangrove, terutama daerah-daerah yang telah banyak direklamasi menjadi daratan dan tempat hunian.

"Karena itu, melalui penanaman bibit pohon bakau (mangrove) dalam rangka hari Armada RI tahun 2015 ini, kita jadikan sebagai langkah memulihkan dan melestarikan ekosistem sebagai salah satu upaya pemulihan konservasi di wilayah Pulau Batam dan sekitarnya," tambahnya.

Komandan Lanal Batam tersebut juga menganjuran kepada peserta penanaman mangrove untuk melestarikan sumber daya hutan mangrove,  khususnya di kawasan ekosistem mangrove yang ada di wilayah Batam.

"Dengan kata lain, mari kita semua turut serta memelihara dan menjaga pohon mangrove yang telah ditanam bersama, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik," ajaknya.

Editor: Dardani