Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako di Tanjungpinang Mulai Naik
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 11-12-2015 | 16:40 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Harga kebutuhan pokok di Tanjungpinang mulai merangkak naik menjelang datangnya Natal dan Tahun Baru. Kenaikan harga yang paling terasa bagi konsumen adalah komoditas sayuran.

Seperti cabe merah di Pasar KUD Tanjungpinang, pedagang membanderolnya dengan harga Rp 50 ribu per kilogram. "Semuanya naik (harga), bang, yang paling naik itu cabe merah," kata Fahmi, pedagang di Pasar Baru II KUD Tanjungpinang, Jumat (11/12/2015).

Senada dengan Fahmi, Hadijah, pedagang lain mengatakan, setiap momen besar, cabe merah merupakan komoditas yang pertama kali naik. "Kenaikan ini bukan cuma karena mau Natalan, tapi juga pengaruh cuaca," kata dia.

Hadijah juga mengatakan, kenaikan harga sejumlah komoditas saat ini disebabkan oleh faktor cuaca yang membuat distribusi barang menjadi terhambat.

Selain cabe, bawang dan sejumlah sayur mayur turut naik. Bawang merah jawa misalnya, dari harga Rp 26 ribu naik Rp 28 ribu per kilogram. Tomat pun turut mengalami kenaikan.

Sumi, pembeli sekaligus pengusaha warung makan mengeluhkan kenaikan sejumlah kebutuhan pokok. "Waduh, pusing rasanya harga-harga naik semua," ujarnya.

Dia berharap, pemerintah bisa menstabilkan harga harga kebutuhan pokok. Apalagi sebagai pengusaha rumah makan, kenaikan cukup berpengaruh dengan omzet usahanya.

"Itulah makanya aku waktu pemilu kemarin aku ora nyoblos, soalnya percuma saja aku nyoblos, harga harga selalu naik juga," kata ibu dua anak ini.

Editor: Dodo