Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Saat Ditinjau Agung Mulyana, Partisipasi Pemilih di Tanjungpinang Baru 15-20 Persen
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 09-12-2015 | 12:36 WIB
agung-sidak-pilkada.jpg Honda-Batam
Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana saat melakukan pemantauan dan monitoring di TPS 09 Kelurahan Batu Sembilan Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana menyatakan, hingga pukul 09.00 WIB, partisipasi masyarakat untuk melakukan pencoblosan masih sepi. Dari sejumlah TPS yang dilakukan pemantauan oleh Gubernur dan FKPD lainnya partisipasi pemilih baru 15-20 persen.

"Dari segi jumlah pada pelaksanan Pilkada Gubernur di sejumlah TPS hingga pukul 9 ini, masih antara 15-20 persen, tetapi inikan masih banyak waktu. Harapan saya, peran serta masyarakat untuk memillih akan terus meningkat, sesuai dengan target KPU dalam Pilkada Kepri ini partisipasi masyarakat dapat mencapai 77 persen," ujarnya saat melakukan pemantauan dan monitoring di TPS 09 Kelurahan Batu Sembilan Tanjungpinang, Rabu (9/12/2015). 

Khusus untuk kekurangan suara di sejumlah TPS di Tanjungpinang, Agung menjelaskan, sesuai dengan laporan KPU, karena tidak memungkinkan lagi penambahaan surat suara maka solusianya adalah mendistribusikan peserta pemilih ke TPS terdekat, jika pada TPS bersangkutan memiliki kekurangan surat suara saat pencoblosan. 

"Mudah-mudahan kalau partisipasi masyarakat di masing-masing TPS 70 persen, tentunya masih ada selisih 30 persen logistik surat suara yang tidak terpakai, dan dapat dimanfaatkan pemilih lain," ujarnya. 

Sedangkan mengenai hak pilih tahanan di rutan dan Lapas yang akan tidak dapat menyalurkan hak pilih, Gubernur menyatakan, akan menanyakan teknis pelaksanaannya pada KPU selaku penyelenggara. 

Selain melakukan pemantauan Pilkada di Tanjungpinang, siang ini, Agung bersama rombongan, rencananya juga akan melakukan monitoring ke wilyah Bintan dan Batam.

Editor: Dodo