Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilkada Serentak, Polisi Lingga Fokuskan Pengamanan di TPS
Oleh : Nur Jali
Selasa | 08-12-2015 | 10:59 WIB
pam-pilkada-singkp.jpg Honda-Batam
Kapolsek Singkep Barat AKP Rusdwiantoro berfoto dengan anggota Linmas yang terlibat dalam pengamanan Pilkada. (Foto: Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Menjelang hari pencoblosan esok hari, Kepolisian Sektor (Polsek) Singkep Barat menggelar apel persiapan pengamanan TPS di halaman Mapolsek Singkep Barat pada Senin (07/12/2015) sore.

Kapolsek Singkep Barat AKP Rusdwiantoro, menyampaikan beberapa strategi pengamanan di tiap TPS dan antisipasi terjadinya kecurangan. Menurutnya, pengamanan di TPS untuk mencegah terjadinya keributan dan hal-hal yang dapat menganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat saat menggunakan hak pilih.

"Pada hari ini tanggal 8 Desember 2015, Polri dan Linmas ikut serta melakukan pengawasan dan pengawalan kotak suara dan surat suara dari tingkat PPK, PPS dan TPS," jelasnya

Dalam melakukan pengamanan di TPS anggota POLRI maupun Linmas juga dilarang keras memasuki wilayah TPS kecuali saat darurat atau diminta oleh Panwaslu.

"Peran Linmas adalah sebagai pembantu dan perpanjangan tangan Kepolisian dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada," ungkapnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Singkep Barat Ipda Asien Wirga yang juga memberikan arahan pada apel tersebut menyampaikan strategi jika menemukan kejahatan, pelanggaran atau kesalahan saat pemungutan suara berlangsung.

"Ada dua tindak pidana pemilu dan pelanggaran pemilu, kita  tidak bisa melakukan penindakan, namun hanya bisa melaporkan kepada panwas Kecamatan Singkep barat melalui PPL di setiap desa, jadi Linmas wajib mengetahui PPL di setiap Desa," ujarnya.

Untuk menentukan tindak pidana pemilu, hanya dapat ditentukan oleh Panwaslu setelah dilakukan hasil sidang pleno. Jika ditemukan pelanggaran maka pelaporan ke pihak berwajib nantinya akan dilakukan oleh Panwaslu.

"Jadi Linmas yang melakukan pengamanan di TPS masing-masing kita tekankan juga wajib mengetahui siapa anggota Polri yang melaksanakan pengamanan di TPS tersebut," kata dia.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Panwascam Singkep Barat Dedi, 35 personel gabungan Polres Lingga dan Polsek Singkep Barat, personel Linmas 50 orang, dan anggota PPL 15 orang.

Editor: Dodo