Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI Netral dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2015
Oleh : Nursali
Senin | 07-12-2015 | 19:27 WIB
20151207_145132.jpg Honda-Batam
Pangdam I/BB, Mayjen TNI Lodewyjk Pusung. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyjk Pusung menegaskan TNI AD bersikap netral dalam Pilkada serentak, 9 Desember 2015 mendatang.


"TNI Angkatan Darat Netral. Netral itu harga mati, tidak boleh ditawar-tawar lagi," tegas Pangdam I/BB, Mayjen TNI Lodewyjk Pusung, yang didampingi Dandim 0317/TBK Letkol Inf Dec Jerry Simanungkalit S.IP menanggapi BATAMTODAY.COM di Makodim 0317/TBK, Poros, Karimun, Senin (5/12/2015).

Ia juga mengintruksikan kepada seluruh pimpinan TNI AD yang bertugas di lingkungan Kepulauan Riau untuk tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada seluruh prajurit agar bersikap netral pada pesta demokrasi tersebut.

"Kalau ada anggota saya yang tidak netral, maka dia tentunya akan berhadapan dengan hukum yang berlaku di TNI," tegasnya.

Ia menambahkan, intruksi tersebut ternyata dibuktikan dengan tindakannya kepada beberapa anggotanya yang diduga turut menghadiri acara kampanye salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Batam beberapa waktu lalu. Meskipun tidak menyebutkan nama oknum yang dimaksud, dirinya mengatakan hal tersebut merupakan bentuk kedisiplinan TNI.

"Mungkin teman-teman wartawan sudah tahu, ada 5 orang yang saya proses di Korem sekarang, karena dia menghadiri ada kampanye salah satu calon. Saya proses," tegasnya. 

Lebih jauh ia menerangkan, dalam pengamanan pemilukada TNI AD akan terus melakukan pengawalan ketat hingga proses penetapan kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten ditetapkan oleh panitia penyelenggara Pemilu.

"Mulai dari pendistribusian surat suara hingga proses pengembalian surat suara dikawal ketat, saya ulangi dikawal ketat oleh prajurit-prajurit Angkatan Darat," tegasnya mengakhiri.

Editor: Dardani