Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penumpang Tujuan Medan Dominasi Lonjakan di Hang Nadim Batam
Oleh : Hadli
Sabtu | 05-12-2015 | 14:14 WIB
penumpnag_lion_air.jpg Honda-Batam
Penumpang Lion Air di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Operator maskapai penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengungkapkan, penumpang tujuan Medan mendominasi lonjakan penumpang jelang Natal dan tahun baru 2016 ini.


"Perkirakan kenaikan penumpang akan mulai terjadi pada 19 Desember 2015 mendatang, mengingat anak-anak sekolah sudah mulai libur" ujar Station Manager Lion Air Batam, M Zaini Bire, Sabtu (5/12/2015). 

Ia mengtakan, belum melakukan penambahan jadwal penerbangan, karena permintan belum mengalami lonjakan yang significan. 

"Kami sudah melayani penerbangan enam kali sehari ke Medan. Untuk tujuan daerah-daerah lain kami juga paling banyak, jadi tidak ada penambahan lagi," kata Bire.

Secara terpisah, Distrik Manager Citilink Batam, R Hendra JS juga mengatakan, hal yang sama. Menurutnya, "akhir tahun ini banyakan ke Medan. Namun belum terlalu significan, makanya kita belum mengajukan penambahan," kata dia. 

Seperti diketahui, maskapai Citilink melayani rute dari Batam ke sejumah daerah lainnya di Tanah Air, diantaranya melalui Batam-Jakarta, Batam-Medan, Batam-Pekanbaru, Batam-Padang, Batam-Surabaya, Batam-Palembang (PP). 

Citilink juga membuka rute baru Batam-Bandung sebaliknya (PP) dan Batam-Semarang (PP). 

"Masing-masing penerbangan satu hari sekali. Batam-Bandung terbang pukul 10.50 WIB, dan Bandung-Batam pukul 13.05 WIB. Untuk penerbangan  Batam-Semarang pukul 15.20 WIB, dan Semarang-Batam pukul 17.45 WIB," ujarnya. 

Selain menambah rute Baru, Citilink juga menambah frekuensi sekali lagi penerbangan Batam tujuan Jakarta (PP). Sebelumnya 4 kali penerbangan, kini Citiling melayani lima kali penerbangan dalam sehari ke Jakarta melalui Batam. 

"Kali ini jadwal terbang ke Jakarta lebih pagi dari yang lainnya. Batam - Jakarta pukul 06.20 WIB, dan sebaliknya Jakarta - Batam terbang pukul 08.35 WIB," kata dia.

Editor: Dardani