Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Distribusi Kotak Suara di Batam Dimulai dari Kawasan Hinterland
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 05-12-2015 | 13:28 WIB
kotak-suara-batam.jpg Honda-Batam
M Taufik saat memberikan keterangan seputar distribusi kotak suara di Batam, (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pos Indonesia sebagai pemenang tender pendistibusian kotak suara pemilih Gubernur/Wali Kota di 12 kecamatan Batam, mulai melakukan distribusi ke kawasan hinterland.

Pendistribusian kotak suara, dimulai dari lima kecamatan yaitu Belakangpadang, Bulang, Galang, Nongsa dan Sibeduk dari kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam.

Pemindahan kotak suara dari gudang KPU ke truk PT Pos disaksikan langsung oleh anggota Panitia Pungutan Suara (PPS), Panitia pengawas Kecamatan (PPK), Panwas tingkat Kecamatan, anggota KPU serta aparat kepolisian.
   
Satgas pengiriman surat suara, M Taufik mengaku, menjamin keamanan kotak suara selama distribusi ke gudang yang ditunjuk sebagai penyimpanan kota suara di tingkat kecamatan. "Kita jamin keamanan kotak suara, dari KPU sampai ke gudang yang sudah ditunjuk ditingkat kecamatan yang akan dijaga anggota Kepolisian," kata Taufik di kantor KPU Batam, Sakupang, Sabtu (5/12/2015)

Pendistribusian tersebut lebih dulu dilakukan di daerah hinterland, melalui pelabuhan Sagulung, menggunakan KM Kalita, menuju Kecamatan Bulang dan Belakangpadang serta dilanjutkan Kecamatan Galang di kawasan Jembatan 6 Barelang.

Sementara itu, komisioner KPU Batam Divisi Logistik Mangihut Rajagukguk, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kapolresta Barelang untuk mengawal dan penjagaan kotak suara di gudang.

"Nanti Selasa malam, itu mulai distribusi ke Tempat Pungutan Suara (TPS). Sehingga 9 Desember pukul 08.00 WIB, semua perlengkapan logistik sudah berada di TPS. Pencoblosan terhitung dari pukul 09.00 WIB," katanya.

Sementara itu untuk Minggu (6/12/2015) dilakukan distribusi kotak suara di empat kecamatan terdiri dari Batam Kota, Batuampar, Lubukbaja, dan Bengkong.

"Saya peringatkan anggota PPK dan PPS jangan bergerak tanpa ada Panwas Kecamatan dan kepolisian," pungkasnya.

Editor: Dodo