Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal Karimun Berlakukan Siaga 1 Pengamanan Pilkada
Oleh : Nursali
Sabtu | 05-12-2015 | 12:44 WIB
IMG_20151204_232515.jpg Honda-Batam
Patkamla Pegassus dan Patkamla Sea Rider Lanal TBK saat melakukan pengamanan saat pendistribusian logiatik antar pulau. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - TNI AL Lanal Tanjungbalai Karimun berlakukan siaga 1 dalam pengamanan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 mendatang terhitung dari tanggal 1 November 2015 hingga 31 Desember 2015 mendatang.


Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Hariyo Poernomo melalui Pasiops Lanal Tanjungbalai, Lettu Laut (P) Unggul Firmansyah W. SH mengatakan, pemberlakuan siaga 1 ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

"Selain itu kita juga melakukan latihan-latihan penindakan huru-hara," ujar Unggul Firmansyah, Jum'at (4/12/2015) malam.

Selain latihan penindakan huru-hara, Lanal Tanjungbalai juga mensiagakan seluruh kendaraan dan Patkamla yang berada di wilayah teritorial Lanal TBK dan pihaknya telah menentukan jadwal rutin pengamanan Pemilu di luar jadwal partoli yang dilakukan oleh TNI AL dalam mengamankan perairan Karimun yang langsung berbatasan dengan negara tetangga.

"Semua kendaraan dan Patkamla standby sewaktu-waktu digerakkan dan melaksanakan patroli terjadwal," tambahnya.

Dirinya menambahkan, TNI AL khususnya Lanal Tanjungbalai Karimun juga turut mengkampanyekan Pemilu damai dalam bentuk sosialisasi secara persuasif dan humanis hingga siosialisasi secara personal kepada tokoh masyarakat.

"Kita juga ada pasang benner dan spanduk di tempat-tempat yang mudah terlihat," ujarnya.

Tak hanya itu, pria yang telah malang melintang selama 9 tahun mengamankan perairan Indonesia ini kembali mengatakan hampir seluruh personil Lanal setemapat turut dilibatkan dalam melakukan pengamanan saat pendistribusian logistik KPU Karimun ke PPK hingga ke PPS.

"Pada pengiriman di luar wilayah Karimun Lanal TBK menggerakkan 4 Patkamla guna pengawalan dan pengamanan jalur laut," ungkapnya.

Masih kata Danlanal TBK, Ia juga menegaskan telah mengintruksikan hal serupa kepada Komandan  POS TNI AL (Posal) yang berada di seluruh kecamatan di wilayah kabupaten yang digelar Bumi Berazam ini.

"Dan dapat kami pastikan kami senantiasa menjaga netralitas TNI," Pungkasnya mengakhiri.

Editor: Dardani