Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengamanan Pi‎lkada Berjalan Baik

Kapolda Perintahkan Provokator Pilkada di Kepri Ditindak Tegas
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 04-12-2015 | 21:22 WIB
kapolda-di-pinang1.jpg Honda-Batam
Kapolda Brigjen Pol Arman Depari didampingi Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian P Siagian saat memberikan keterangan kepada wartawan usai melakukan rapat evaluasi dengan jajaran Polres Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari mengatakan, pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri serta bupati dan wali kota di 6 kabupaten/kota di Kepri telah berjalan dengan baik.

"Berkat kerja sama semua pihak, pelaksanaan pengamanan Pilkada berjalanan dengan baik. Dan sampai saat ini, tidak ditemukan kejadian yang menonjol, khususnya dalam pelaksanaan kampanye Pilkada Provinsi Kepri dan 6 kabupaten/kota lainnya," ujar Kapolda Arman Depari usai melakukan rapat evaluasi dengan Kapolres dan sejumlah perwira di Mapolres Tanjungpinang, Jumat (4/12/2015).

Dalalm kesempatan itu, Arman Depari juga menyatakan, bagi pelaku provokator yang melakukan upaya dan tindakan propokatif mengganggu pelaksanaan Pilkada, dan membahayakan orang lain akan ditindak dengan tegas.

Sebagai penanggung jawab keamanan, tambah jenderal bintang satu ini, pihaknya terus menghimbau seluruh masyarakat agar tetap menjaga dan mempertahankan situasi dan kondisi kemanan yang sudah baik di Kepri.

Karena Pilkada yang dilaksanakan saat ini merupakan pesta demokrasi yang seharusnya dilaksanakn dengan riang dan gembira, saling menghomati, dan saling menghargai. Sehingga pesta demokrasi yang dilangsungkan menjadi suatu program yang bermanfaat dan menghasilkan satu pemimpin yang dapat membangun daerah Kepri dan kabupaten/kota ke depan.

Ditanya mengenai kekuatan personil dalam pelaksanaan pengamanan TPS di seluruh kabupaten/kota, Arman mengatakan jika sampai saat ini, dengan sistim dan strategi pengamanan yang sudah dilakukan, seluruh kekuatan personil kepolisian telah dimobilir dalam mengamankan pelaksanaan kampanye dan kegiatan Pilkada lainnya, sampai pelaksanaan pemungutan suara nantinya di ribuan TPS yang ada di Kepri.

"Untuk pelaksanaan penjagaan dan pengamanan seluruh TPS, dengan jumlah personil sudah dimobilisasi untuk melakukan pengamanan. Demikian juga pelaksanaan pemantauan titik-titik lokasi rawan, juga sudah kami klasifikasikan dengan tiga zona, yaitu TPS zona aman, rawan 1, dan sangat rawan," ujarnya tanpa menyebut jumlah personil dan titik lokasi yang dinyatakan rawan tersebut.

Kapolda juga menegaskan, pihaknya akan terus mengawal dan memberikan rasa aman bagi semua warga dan masyarakat dalam menyalurkan hak pilih-nya pada Pilkada gubernur dan wakil gbernur serta bupati dan walikota di 6 kabupaten/kota di Kepri.

"Saya juga menghimbau pada tokoh masyarakat, tokoh ‎agama, tokoh adat serta seluruh masyarakat yang ada di Kepri agar tetap secara bersama-sama dapat menjaga kemanan di lingkungan masing-masing dalam pelaksanaan Pilkada 2015 ini," pungkasnya.

Editor: Dardani