Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dana Ditahan Pemkab, Kinerja Panwaslu Lingga 'Mandul'
Oleh : Nur Jali
Jum'at | 04-12-2015 | 20:59 WIB
IMG_20151119_171417.jpg Honda-Batam
Ketua Panwaslu Lingga, Jaswir (foto : Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Hingga menjelang masa tenang Pilkada, kinerja Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lingga tidak juga efektif dan bahkan menuai kritikan dari beberapa kalangan. Masalahnya ternyata, anggaran lembaga ini belum juga dicairkan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga.

"Kami memahami, saat ini banyak yang mempertanyakan kinerja kami dalam pengawasan Pilkada ini. Namun dengan anggaran yang sangat terbatas dan hingga kini belum dicairkan Pemkab, membuat kita tidak dapat berbuat banyak," kata Ketua Panwaslu Lingga, Jaswir, di ruangan kerjanya, Jumat (04/12/15).


Jumlah dana yang masih belum dicairkan Pemerintah Kabupaten Lingga kepada Panwaslu Lingga untuk melaksanakan berbagai kegiatan pengawasan Pilkada, katanya lagi, masih sebesar Rp1,5 miliar.

"Semua administrasi sudah kita urus dan kita serahkan kepada DP2KA untuk pencairan anggaran. Tapi hingga hari ini belum juga dicairkan. Padahal besok sudah hari terakhir," ungkapnya.

Panwaslu Lingga tidak berani untuk meminjam kepada pihak ketiga, sebab beberapa pinjaman yang ditawarkan memiliki bunga. "Mana mungkin kita pinjam, ini bukan proyek pinjaman dan itu pasti ada bunganya," katanya.

Meski demikian, untuk kegiatan yang wajib dilaksanakan, seperti pelantikan pengawas di tiap TPS tetap dilaksanakan PPK. Demikian juga dengan kegiatan bimtek bagi mereka. "Besok adalah batas waktu pencairan. Kalau tidak, Pemkab akan diberi sanksi oleh Mendagri," tegasnya.