Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panwas Lobam Gelar Sosialisasi Pengawasan Kepada Masyarakat
Oleh : Harjo
Kamis | 03-12-2015 | 17:41 WIB
_MG_6327.jpg Honda-Batam
Berfoto seusai sosialisasi Panwaslu Kecamatan Serikuala Lobam. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Serikuala Lobam, menggelar sosialisasi kepada puluhan tokoh  masyarakat dan pemuda, terkait pengawasan Pilkada tingkat Propinsi Kepri dan Kabupaten Bintan yang akan di gelar serentak pada 9 desember mendatang, di Tanjunguban, Kamis (3/12/2015).


Jatoman Purba, Ketua Panitai Pengawas Kecamatan (Panwascam) Serikuala Lobam, kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban. Menyampaikan sosialisai pengawasan Pilkada, melibatkan perwakilan tokoh masyarakat dan pemuda yang ada Serikuala Lobam.

"Kita sengaja mengundang tokoh masyarakat dan pemuda, guna memaksimalkan pengawasan pelaksanaan Pilkada. Mengingat dalam hal pengawasan adalah tugas semua elemen masyarakat dan bukan tugas kelembagaan secara khusus," tegasnya.

Jatoman mengakui pelaksanaan  sosialisasi memang  terlambat karena keterlambatan masalah anggaran. Dengan dilaksanakannya sosialisasi secara langsung setidaknya, perwakilan yang hadir bisa lebih memahami tugas dan fungsi pengawasan bukan di pundak panwas semata, tetapi menjadi tanggungjawab semua pihak. Demi terciptanya pelaksanaan Pilkada yang jujur dan adil, tanpa di ciderai dengan politik yang kotor, apa lagi menghalalkan segala cara.

"Pilkada harus dimaknai untuk memilih pemimpin yang bisa membawa kearah perubahan yang lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat. Agar pelaksanaanya bisa berjalan dengan berlandaskan pada demokrasi yang sebenarnya dan menciptakan Pilkada yang jujur dan adil, antara Panwas dan seluruh elemen masyarakat harus sama-sama bersinergi, menjaga dan mengawasi pelaksanaanya," tambahnya.

Tomas Edison anggota Panwaslu Bintan, menambahkan pelaksanaan sosialisasi langsung kepada masyarakat memang dilaksanakan oleh seluruh Panwascam yang ada di Bintan.

"Untuk memaksimalkan pengawasan, seluruh kecamatan mengelar sosialisasi kepada masyarakat. Dengan harapan apa bila nantinya terjadi pelanggaran, bisa mempermudah koordinasi antara masyarakat dan Panwas yang bermuara kepada Pilkada bersih dan melahirkan pemimpin pilihan masyarakat," harapnya.

Editor: Dardani