Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Karimun Siap Laksanakan Pemilukada Serentak
Oleh : Nursali
Rabu | 02-12-2015 | 17:25 WIB
20151202_092839.jpg Honda-Batam
Ketua KPU Karimun, Ahmad Sulton saat memaparkan persiapan pelaksanaan Pilkada serentak di Karimun (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menyatakan siap untuk menyelenggarakan pemilihan kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten yang akan digelar pada 9 Desember 2015 mendatang.

Ketua KPU Karimun, Ahmad Sulton mengatakan, tahapan-tahapan pemilihan umum yang telah dilaksanakan dan seluruh logistik pendukung pemilu yang telah berada di KPU setempat ditambah lagi dengan pengamanan dari TNI Polri membuat pihaknya merasa yakin jika pesta demokrasi nanti akan berjalan dengan tertib dan damai.

"Untuk itu KPU Kabupaten Karimun telah siap untuk menyelenggarakan pemilu damai nantinya," kata Ketua KPU Kabupaten Karimun, Ahmad Sulton sembari menerangkan beberapa point penting kepada Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan instansi terkait di Ruangan Rapat Cempaka Putih perkantoran Bupati karimun. Rabu (2/11/2015)

Ia juga menjelaskan, beberapa point penting yang harus menjadi perhatian aparat keamanan ialah kondisi geografis kabupaten bumi berazam ini yang dipisahkan oleh lautan antara satu pulau dengan pulau yang lain. Sehingga potensi kecurangan sewaktu-waktu dapat terjadi saat pendistribusian kertas surat suara.

Disamping itu rekapitulasi penghitungan suara juga harus mendapat pengawalan yang ketat dari aparat terkait. Mengingat konflik antara peserta politik selalu muncul pada penghitungan akhir ini.

Menanggapi hal tersebut, Komandan TNI AL Lanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Hariyo Poernomo mengatakan pada umumnya TNI telah siap untuk mengawal proses pendistribusian kertas surat suara ke berbagai kecamatan.

"Dari dulu, TNI telah siap untuk mengawal proses Pemilu ini. Berkorban nyawa dalam tugas saja kami siap, apalagi Pemilu ini," tegas Komandan Lanal TBK di forum tersebut.

Di tempat yang sama Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan dalam penyelenggaraan pesta demokrasi yang digelar secara serentak di seluruh Provinsi Kepulauan Riau hendaknya KPU kembali memeriksa seluruh personil dan seluruh armada yang akan digunakan. 

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, baik yang terlibat dalam pesta demokrasi maupun tidak agar mendukung proses pemilihan nanti. Sehingga cita-cita untuk mewujudkan pemilu bersih dan damai dapat terwujud.

"Di samping itu pemerintah daerah pun mendukung sepenuhnya atas penyelenggaraan pemilukada ini. Dan untuk masyarakat mari kita sama-sama mewujudkan bahwa Karimun ini aman dan terkendali," kata Aunur Rafiq

Editor: Dardani