Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Raih Adipura 2015 Kategori Hutan Kota Terbaik
Oleh : Ahmad Rohmadi/Rilis
Selasa | 24-11-2015 | 13:29 WIB
adipura-batam.jpg Honda-Batam
Menteri LHK, SitI Nurbaya menyerahkan plakat Adipura 2015 kepada Kepala DKP Kota Batam, Sulaiman Nababan. (Foto: Humas Pemko Batam)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kota Batam menjadi salah satu kota yang memperoleh Plakat Adipura 2015 dengan kategori hutan kota terbaik, bersama tiga kota lainnya di Indonesia yaitu Jakarta Selatan, Tasikmalaya dan Kabupaten Fak-Fak.

Penyerahan plakat tersebut dilakukan bersamaan dengan acara malam anugerah lingkungan proper dan Adipura 2015 yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (23/11/2015).

”Acara kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena terjadi penyatuan antara penghargaan Adipura dengan Adipura Kencana," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Menurutnya, perlu memperhatikan saran dari masyarakat yang menilai kondisi lingkungan yangbperlu untuk harus diperbaiki secara lebih mendalam.

Ia misalkan permasalahan sampah yang harus ditangani secara serius oleh Pemda, sesuai dengan undang-undang tentang pengelolaan sampah.

"Dalam suasana tersebut penilaian Adipura dan Adipura Kencana dilaksanakan lebih ketat," katanya.

Sedangkan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang membuka acara tersebut mengatakan penghargaan di bidang lingkungan hidup ini adalah salah satu simbol perbaikan kota yang dilakukan seorang kepala daerah bersama aparat dan masyarakatnya.

Kota yang menerima Adipura dinilai sudah menjaga lingkungan menjadi lebih baik, terutama dengan pengelolaan sampah yang operasional TPA-nya dengan sistem Controlled Landfill.

"Kebersihan itu tentu tidaklah harus dilakukan karena piala, tapi harus menjadi keseharian dan menjadi perhatian," tuturnya.

Sementara, Kepala Bagian Humas Pemko Batam Batam, Ardiwinata mengatakan Batam bisa meraih Plakat Adipura berkat dukungan semua pihak, termasuk masyarakat.

Ardi menambahkan, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah sampah dan kebersihan kota.

"Diantaranya swakelola sampah, disetiap kecamatan dan menunjuk koordinator untuk menjaga kebersihan di tiap kelurahan. Jadi keberadaan angkutan dikontrol," jelasnya. 

Plakat tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinasa Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam, Sulaiman Nababan.

Editor: Dodo