Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bintan Raih Penghargaan Adipura untuk Kategori Kota Kecil
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 24-11-2015 | 12:10 WIB
adipura-bintan.jpg Honda-Batam
Penjabat Bupati Bintan Doli Boniara menerima penghargaan Adipura dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Humas Pemkab Bintan)

BATAMTODAY.COM - Setelah melalui tahapan seleksi yang ketat, akhirnya Kabupaten Bintan berhasil mendapatkan Anugerah Piagam Adipura 2014-2015 untuk Kategori Kota Kecil.

Piagam Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota/kabupaten di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan/kabupaten. Piagam Adipura ini diselenggarakan Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Piagam Adipura diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar, M.Sc kepada Penjabat Bupati Bintan Drs H Doli Boniara Msi, Senin (23/11/2015) pada malam Anugerah Lingkungan Proper dan Adipura 2015 di Aula Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta.

Hebatnya lagi, Kabupaten Bintan merupakan satu-satunya perwakilan kabupaten/kota dari Provinsi Kepulauan Riau yang berhasil meraihnya.

Penjabat Bupati Bintan Drs.H.Doli Boniara M.Si didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bintan M.Panca Azdigoena mengatakan bahwa Piagam Adipura ini merupakan anugerah atas hasil kerja keras seluruh lapisan masyarakat, Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Bintan dan segenap unsur aparatur Pemerintah Kabupaten Bintan sehingga haruslah di syukuri.

"Untuk tahun ini Kabupaten Bintan telah berhasil meraih Anugerah Piagam Adipura dan satu-satunya perwakilan Kota/Kabupaten dari Provinsi Kepri, hal ini haruslah di syukuri. Anugerah ini merupakan hasil kerja keras seluruh lapisan masyarakat , Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Bintan, Pak Ansar dan Pak Khazalik yang telah meletakkan program-program yang berbasis Clean and Health Environment, serta unsur-unsur Pemerintah Kabupaten Bintan tentunya," ujar Doli Boniara dalam siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM.

Menurutnya bahwa Pemerintah Kabupaten Bintan melalui perangkat Kepala Desa , Lurah , Camat hingga Kepala Dinas selalu mempunyai komitment untuk terus berusaha menciptakan areal lingkungan yang bersih melalui program-program kebersihan ( clean and health environment ) baik itu di areal umum, areal sekolah ataupun areal kantor pemerintahan akan tetapi tanpa kepedulian dan peran serta dari masyarakat untuk berperan aktif , baik itu dari unsur RT, RW hingga kelompok-kelompok Pencinta Lingkungan yang tersebar di masyarakat, maka program sebagus apapun yang dibuat Pemerintah menjadi percuma.

Faktor kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk merawat, memelihara dan menjaga lingkungan bersih lah yang menjadi faktor dominan yang sangat penting serta ciptakan pola hidup bersih dan sehat di kehidupan sehari-hari . Kesadaran untuk berbudaya bersih, gotong royong dan peduli akan lingkungan yang harus terus di galakkan di tengah-tengah masyarakat agar kelestarian daratan dan lautan Kabupaten Bintan tetap terjaga.

Editor: Dodo