PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kebijakan Pemerintah Atasi Krisis Kepri belum Ada Solusi Komprehensif
Oleh : Surya
Kamis | 19-11-2015 | 13:59 WIB
Nabil.jpg honda-batam
Senator Muhammad Nabil, Anggota Komite I DPR dari Provinsi Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Masalah penerangan (listrik) yang layak di pemukiman-pemukiman masyarakat baik di Kota Batam dan Tanjungpinang yang merupakan ibukota provinsi, dan beberapa kabupaten seperti Karimun, Natuna, Anambas dan Lingga masih memprihatinkan.


"Sampai saat ini belum ada solusi yang komperehensif dari pihak-pihak terkait. Kami menyerap aspirasi masyarakat yang meminta agar pemerintah lebih fokus mengatasi permasalahan ini," kata Anggota Komite I DPD RI Muhammad Nabil di Jakarta.

Menurut Nabil, dalam laporan kegiatan di daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada 30 Oktober-15 Nopember 2015 lalu, pemerintah harus memberikan bantuan aliran listrik dalam bentuk mesin genset.

"Atau memperbanyak pemasangan jaringan listrik solar cell di daerah-daerah pemukiman terpencil yang belum tersentuh aliran listrik sama sekali," katanya.

Masyarakat di Kepri, lanjutnya, tidak mungkin menunggu realisasi pemasangan jaringan listrik oleh PLN yang waktunya tidak tentu karena pasti memperhitungkan kelayakan secara bisnis bisa menguntungkan atau tidak.

"Masyarakat sangat membutuhkan penerangan guna menggerakkan perekonomian, proses belajar mengajar, beribadah, mengajar anak mengaji dan lain-lain," katanya.

Senator asal Kepri ini menyarankan agar pemerintah memperbanyak pengadaan jaringan listrik solar dalam mengatasi kelangkaan listrik di Kepri, karena karakteristik wilayah Kepri terdiri dari laut dan pulau-pulau.

"Kami menyarankan ada baiknya di wilayah kepualaun seperti Provinsi Kepri diperbanyak pengadaan pemasangan jaringan listrik solar cell karena kondisi geografisnya sangat mendukung," katanya. 

Hal ini, katanya, selain mempercepat target pemerintah mensejahterakan masyarakat di beranda terdepan negara, juga sebagai upaya konkrit menjaga keutuhan gugusan pulau-pulau di perbatasan.

Disamping itu, selain infrastruktur jalan dan jembatan, penerangan adalah salah satu bukti bahwa wilayah NKRI dijaga dan diurus dengan baik oleh pemerintah.

Editor : Surya