Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panwaslu Ingatkan Moderator Debat Cawako Wajib Netral
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 12-11-2015 | 17:18 WIB
agus_setiawan_-_ketua_kpu_batam_-_duduk.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua KPU Batam Agus Setiawan. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kedua kandidat calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, akan melakukan debat kandidat pada 20 November 2015 mendatang di Swisbell Hotel Batam.


Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Batam, Suryadi Prabu mengatakan, pihaknya akan mengawasi dengan ketat netralitas moderator yang akan memimpin debat tersebut.

"Karena netralitas moderator sangat mempengaruhi pelaksanaan debat tersebut," kata Suryadi, Kamis (12/11/2015).

Kegiatan debat itu dinilai sangat rentan terjadinya pelanggaran, karena itu untuk mencegah terjadinya pelanggaran saat acara debat kandidat berlangsung, pihaknya akan melakukan pengawasan lebih spesifik.

Sebelumnya, Ketua KPU Batam Agus Setiawan menyampaikan kegiatan debat akan dikemas dengan konsep cerdas cermat. Dimana masing-masing pasangan calon akan memaparkan visi misi. 

Kemudian panelis dari akademisi Uniba, Ibnu Sina, Putra Batam, UIB dan Politeknik Batam akan mengupas visi misi tersebut. "Konsep tersebut efektif menyampaikan program-program pasangan calon," kata Agus Setiawan, Selasa (10/11/2015).

Debat akan berlangsung selama 90 menit. Dimana akan mengundang masing-masing tim pemenangan dibatasi membawa anggotanya sebanyak 150 orang.

"Kita batasi karena keterbatasan ruangan serta mencegah hal yang tidak diinginkan," terang Agus. Baca: Debat Calon Wali Kota Batam Berkonsep Cerdas Cermat

Diharapkan dengan kegiatan debat, masyarakat akan mendapat informasi lebih mendalam terkait program kerja pasangan calon yang akan dijadikan tolok ukur masyarakat  dalam menggunakan hak pilihnya.

"Kami berharap debat kandidat ini membuahkan hasil yang positif,  untuk masyarakat dan mendorong pemilih menggunakan hak pilihnya," ujarnya.

Editor: Dardani