Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seribu Personel TNI AD Siap Amankan Pilkada Kepri
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 11-11-2015 | 12:30 WIB
danrem-inspeksi-pasukan.jpg Honda-Batam
Danrem 033/WP Brigadir Jenderal (TNI) saat memeriksa kesiapan anggotanya mengamankan pilkada. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komando Resort Militer (Korem) 033/ Wira Pratama menyiapkan 1.000 personel untuk diperbantukan sebagai pelapis dari pengamanan dari Kepolisian dalam mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Kepulauan Riau, 9 Desember mendatang.

Danrem 033/WP Brigadir Jenderal (TNI) Madsuni mengatakan bahwa kehidupan demokrasi memberikan ruang dan hak politik yang luas kepada masyarakat untuk hidup berserikat.

"Karena itu, sebagai satuan pelapis dalam pengamanan Pilkada, tetap memberikan komitmen agar pesta demokrasi berlangsung dengan kondusif," kata Madsuni saat gelar apel pasukan di Lapangan Engku Putri, Rabu (11/11/2015).

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya menyiagakan 10 Satuan Setingkat Kompi (SSK), dimana dalam 1 SSK, teridiri dari 100 personel. Selain itu juga telah dipersiapkan kompi cadangan dari Yonif Bataliyon 134/Tuah Sakti.

SSK tersebut akan disebar ke daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak, namun Batam sebagai daerah yang mendapat perhatian khusus. Karena menurutnya, Batam dianggap potensi kerawanan cukup tinggi mengingat jumlah penduduk yang tinggi dan menjadi sentral dari setiap daerah.

Sementara itu, apel gelar pasukan sendiri dilakukan untuk mengetaui kesiapan personil yang akan turun mengamankan nantinya. Pengamanan dilakukan terpadu,komprehensif dan memperkokoh sinergisitas dengan penyelenggara pemilu.

"TNI sudah siap. Saya juga sudah sampaikan ke rapat Muspida,"katanya.

Editor: Dodo