Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operasi Zebra, Polisi 'Panen' Sepeda Motor Masih Melaju di Jalur Cepat Jalan Sudirman
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 29-10-2015 | 18:12 WIB
razia-zebra-polres.jpg Honda-Batam
Kendaraan roda dua yang ditilang, diangkat untuk dibawa ke Mapolresta Barelang. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Barelang 'panen' kendaraan roda dua yang masih melaju di jalur cepat Jalan Sudirman, saat razia Operasi Zebra, Kamis (29/10/2015) sore.

Pantauan di lokasi, razia yang dimulai sejak pukul 16.00 WIB di jalan depan Polresta Barelang itu, menilang ratusan kendaraan roda yang masih melanggar aturan. "Kita merazia kendaraan roda dua yang tetap melaju di jalur cepat. Ini kali yang kedua selama Operasi Zebra yang dimulai sejak tanggal 22 kemarin, dan berakhir pada 4 November nanti," kata Wakasat Lantas Polresta Barelang, AKP Ida Mardiana Qodirun, saat kegiatan.

Dijelaskan Ida, pada razia kendaraan roda dua pada sore hari yang masih melaju di jalur cepat beberapa hari lalu, pihaknya mengeluarkan sebanyak 103 surat tilang. Dilihat razia sekarang, surat tilah juga bakal banyak dikeluarkan karena banyak yang melanggar.

"Setiap hari kita lakukan razia, tapi pada pagi hari. Kalau untuk sore hari, ini baru yang kedua. Razia sekarang juga banyak pengendara sepeda motor yang terjaring karena melanggar," jelasnya.

Ditambahkan Ida, melihat masih banyaknya pelanggaran, kesadaran masyarakat untuk mentaati peraturan masih kurang. Padahal, alat peraga dan rambu-rabu sudah banyak dipasang di pinggir jalan.

"Tingkat kepatuhan pengendara masih kurang. Kalau pagi hari tidak banyak lagi yang melanggar, tapi kalau sore masih banyak yang melanggar. Masyarakat seperti tidak mengacuhkan rambu-rabu yang dipasang dan juga alat peraga," sesalnya.

Selain itu, setiap kecelakaan yang terjadi di jalur cepat ini lanjutnya, selalu memakan korban hingga meninggal. "Rata-yang kecelakaan di Jalan Sudirman ini ada yang meninggal. Tapi masyarakat masih tetap nekat. Untuk berapa jumlah tilang yang dikeluarkan, nanti akan dikalkulasikan lagi. Sekarang razia masih berlangsung," pungkasnya.

Editor: Dodo