PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Membongkar Peredaran Beras Plastik di Batam

Beras 'Anak Ajaib' Masih Dijual di Fanindo dan SP Plaza
Oleh : CR12
Rabu | 28-10-2015 | 08:29 WIB
BARANG_BUKTI_BERAS_PLASTIK-BETA.jpg honda-batam
Contoh beras yang diduga sintetis merek "Anak Ajaib" dan "Rambutan". (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejak beredarnya beras merek "Anak Ajaib" yang diduga sintesis dan berbahan kimia berbahaya, beberapa toko beras di Pasar Sagulung sudah tak menjualnya lagi. Namun, beberapa toko beras di Pasar Fanindo Batuaji dan SP Plaza Sagulung masih menjual beras merek itu.

Pantauan BATAMTODAY.COM, Selasa (27/10/2015) di Pasar Fanindo, beras merek "Anak Ajib" dijual per kilo seharga Rp12 ribu rupiah. Bahkan di salah satu toko beras di Fanindo memasarkan beras tersebut dalam dua tipe yang berbeda yakni merek "Anak Ajaib" yang keras dan yang lembut. 


Kemasan 25 kg beras merek "Anak Ajaib" juga terlihat berbeda. Jika beras "Anak Ajaib" yang keras, kemasan karungnya agak tebal dan lebih buram  ketimbang beras "Anak Ajaib" yang rasanya lembut. 

"Kalo Anak Ajaib ada 2, satunya rasa agak keras dan satunya aga lembut. Harga per kilonya sama kok, Rp12 ribu bang," ujar pedangang beras di Pasar Fanindo Batuaji Batam.

Di tempat terpisah, pantauan BATAMTODAY.COM di Pasar SP Plaza Sagulung Batam juga dipasarkan dalam dua kemasan berbeda. Kemasan yang berasa agak keras dan lembut. Namun harganya lebih murah seribu rupiah. 

"Kalo beras ini (Anak Ajaib,red) harga per kilonya 11 ribu bang. Ada dua jenis si, keras sama lembut, tapi harganya sama saja," jelas Wendi salah satu penjual beras di Pasar SP Plaza. 

Editor: Dardani