Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Prioritaskan Kepri Dapat DAK Lebih Besar
Oleh : Surya
Senin | 26-10-2015 | 15:27 WIB
Haripinto.jpg Honda-Batam
Anggota Komite IV DPD RI Haripinto Tanuwidjaja, Senator asal Provinsi Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Pemerintah memberikan prioritas bagi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) di kementerian/lembaga untuk disetujui dengan mengajukan berbagai usulan program.

"Selain DAU naik sangat signifikan, DAK Kepri mendapatkan prioritas untuk disetujui, tetapi mekanismenya sekarang harus berdasarkan usulan program," kata Haripinto, Tanuwidjaja, Anggota Komite IV DPD RI di Jakarta, Senin (26/10/2015).

Menurut Haripinto, mekanisme penyaluran DAK saat ini tidak perlu dana pendamping dan Juknis sudah diterbitkan sesudah penyampaian DIPA pada bulan Januari, serta berlaku selama 3 tahun.

"Tetapi mekanisme harus berdasarkan usulan, Kepri mendapatkan prioritas untuk disetujui. Proposal ditujukan ke kementerian/lembaga terkait. Kita minta pemerintah daerah lebih serius," katanya.

Usulan program dari Kepri itu, kata Haripinto, nantinya akan dikaji oleh Tim Lintas Kementerian. Apabila sesuai dengan sektor-sektor yang ada, maka usulan program tersebut akan langsung disetujui.

"Kalau daerah belum memahami , tentunya DPD akan memberikan bantuan. Itulah bentuk kita perjuangkan Kepri setelah penerimaan DBH Migas menurun akibat minyak menurun. Kita Perjuangkan adanya kompensasinya dengan peningkatan signifikan DAU dan prioritas mendapatkan DAK," kata Senator asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini.

Adapun sektor-sektor pengajuan usulan program untuk mendapatkan DAK di kementerian/lembaga antara lain adalah program pendidikan, kesehatan, infrastruktur perumahan dan permukiman, air minum dan sanitasi, energi skala kecil, kelautan dan perikanan, kehutanan dan lingkungan hidup, transportasi, sarana perdagangan, industri menengah dan lain-lain.

Editor : Surya