PKP

Membongkar Peredaran Beras Plastik di Batam

Inilah Ciri-ciri Beras Plastik yang Beredar di Batam
Oleh : CR12
Sabtu | 24-10-2015 | 09:00 WIB
IMG_20151023_212643.jpg honda-batam
Inilah penampakan beras sintetis yang beredar di Batam itu, tampak lebih putih. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai korban peredaran beras yang diduga plastik alias sintetis, Heriyanti (35), warga Perumahan Citra Laguna Blok A1 No 12 Kel. Tembesi Sagulung Batam mengungkapkan beberapa ciri-ciri perbedaan mencolok beras plastik itu. 

Kepada BATAMTODAY.COM yang menemui di rumhnya itu, ibu dua orang putri itu menuturkan, rasa nasi yang biasanya agak manis, ini terasa hambar, kenyal dan mengeras. Padahal tidak ada perbedaan cara masak maupun takaran air masakanya. 

"Masaknya sama seperti masak beras biasa, dari takaran air dengan merk beras yang sama. Cuma hasilnya lain, kalo yang ini keras, kalo kebanyakan air malah bentuknya jadi kayak lilin gitu di bawahnya. Seperti masak lontong kan ada bentuk nasinya itu di pinggir, kalo ini malah licin saja, kayak lilin," jelas Heriyanti. 

Merasa penasaran, ia pun membeli 1 kilo gram beras dengan jenis yang sama untuk membandingkan antara keduanya. "Karena gak ada wangi beras sama sekali dan rasanya pun tak ada, anyep (hambar, red) gitu mas. Jadi saya beli beras lagi dengan merk yang sama, kali ini rasanya pas kayak beras biasanya," pungkasnya. 


Editor: Dardani