Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelni Stop Rute Pelayanan Batam-Belawan dan Batam-Jakarta
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 17-10-2015 | 14:00 WIB
images_(1).jpg Honda-Batam
Situasi di Pelabuhan Beton Sekupang Batam, saat KM Kelud bersandar. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batam menyetop pelayaran trasportasi laut rute Batam-Belawan Medan dan Batam-Tanjungpriok Jakarta.

Kepastian itu diungkapkan Kepala cabang Pelni Batam Abdullah N Tue melalui Menejer Operasionalnya, Dahlan Mustofa saat dihubungi, Sabtu (17/10/2015) pukul 12.00 Wib.

Selama ini, kedua rute tersebut dilayari oleh KM. Kelud. "Pelayaran dari Batam ke Medan dan Jakarta di stop dimulai hari ini. Terahir KM Kelud berlayar ke Tanjungpriok Rabu (14/10/2015)," ujar Dahlan. 

Penyetopan pelayaran Pelni itu karena KM Kelud naik dok atau perbaikan rutin setiap tahunya. Sayanngnya, PT Pelni pusat di Jakarta tidak merekomendasi kapal peganti KM Kelud. Sehingga, praktis PT Pelni Batam menyetop pelayanan 2 sampai 3 minggu mendatang. 

"Perbaikan itu memakan waktu 2-3 minggu. Sehingga pelayaran di stop sampai satu bulan lebih," ungkap Dahlan.

Selain karena tidak adanya kapal peganti KM Kelud, tambah Dahlan, salah satu faktor penghentian pelayaran itu juga karena jumlah penumpang yang minim dari Batam menuju Medan maupun Jakarta.     

"Salah satunya jumlah penumpang yang sedikit. Tahun lalu ketika KM Kelud perbaikan juga tidak ada kapal pengganti," katanya.

Dahlan mengaku sudah memberikan surat edaran kepada pihak terkait seperti itansi pemerintah serta travel yang menjual tiket Pelni bahwa KM Kelud tidak berlayar sampai 1 bulan.

"Tapi untuk KM Sinabung akan menyandar di Pelabuhan Beton Sekupang November tujuan Indonesia tengah dan timur. Namun jadwal persisnya saya belum terima," pungkasnya.

Editor: Dardani