Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dicari, Calon Wakil Batam di Ajang ASC Tingkat Nasional
Oleh : CR12
Rabu | 07-10-2015 | 16:57 WIB
yuni-miranto.jpg Honda-Batam
Yuni Miranto, panitia Seleksi ASC untuk daerah Batam . (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Proses pencarian calon kompetitor ASC (Asean Skills Competitor) yang akan mewakili Batam ke tingkat nasional kembali digelar. Kali ini SMK Negeri 1 Batam ditunjuk untuk melaksanakan lomba seleksi itu. Acara ini yang dihadiri oleh wakil dari Kementrian Ketenagakerjaan ini digelar di Aula  Mechatronical SMK Negeri 1 Batam, Rabu (7/10/2015) pukul 08.00 WIB.

Yuni Miranto (29) selaku penanggungjawab pelaksanaan lomba seleksi daerah (selekda) Batam mengatakan perlombaan tersebut akan diadakan besok Kamis, (8/10/2015) pada pukul 08.00 WIB. Ia menjelaskan ada 2 tempat diadakanya perlombaan ASC. 

Pertama di Batam dan keduanya di Tanjung Pinang. Mengenai jenis perlombaan, di Batam terdapat 3 bidang, yakni bidang Computer Numerical Control (CNC) Maintenance, Industrial Automation, dan Graphic Design Technology. Sedangkan di Tanjung Pinang hanya melaksanakan 2 jenis perlombaan yakni, bidang, Electrical Instalation, dan Automobile Technology.

"Ada dua tmpat diadakannya selekda ASC. Pertama di Batam dan keduanya di Tanjung Pinang. Untuk selekda regional Batam diadakan disini (SMK Negeri 1)," kata Yuni.

"Jenis perlombaan di Batam dan di Tanjungpinang berbeda. Kalau di Batam, itu terdapat tiga jenis lomba yaitu bidang Computer Numerical Control (CNC) Maintenance, Industrial Automation, dan Graphic Design Technology. Kalau di Tanjung Pinang hanya dua saja yakni, bidang, Electrical Instalation, dan Automobile Technology," sambung Yuni.

Kegiatan ASC ini terbuka untuk umum, baik mahasiswa, sekolah maupun instansi-instansi lainnya.  Namun syarat bagi peserta yang mau mengikuti selekda adalah maksimal berusia 21 tahun. Sampai saat ini hanya 2 instansi yang mendaftarkan diri yaitu SMK 1 Negeri Batam dan Politekhnik Batam.

"Kegiatan lomba ini terbuka untuk umum. Siapa saja boleh ikut, mahasiswa, masyarakat, pekerja maupun instansi-instansi lainnya. Asalkan umurnya maksimal 21 tahun," jelas Yuni.

Ketika ditemui BATAMTODAY.COM di ruangan Mechatroical SMK Negeri 1 Batam, Yuni menjelaskan tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk mencari dan menemukan bibit-bibit daerah yang mempunyai skill (kemampuan) agar mampu bersaing dengan negara-negara lain. 

Hasil dari penyaringan ini kemudian akan dikirim ke tingkat nasional. Pada tingkat nasional, para peserta akan diadu dengan peserta lain dari berbagai daerah di Indonesia. Selanjutnya peserta yang lolos pada tingkat nasional akan digodok lagi di Training Center, baru kemudian mengikuti ajang lomba ASC.

"Tujuannya untuk mendapatkan bibi-bibit muda yang mempunyai keahlian, supaya nanti bisa bersaing secara global. Nah, dari seleksi ini kemudian dikirim ke tingkat nasional. 

Di tingkat nasional dilombakan lgi dengan berbagai daerah di Indonesia. Kalo lolos nanti baru di bina lagi di Training Center selanjutnya baru dikirim untuk mengikuti ajang ASC," jelas Yuni yang sekaligus team juri tingkat nasional ini.

Editor: Dardani