Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Klub Inggris di Eropa Sumbang Para Pengungsi
Oleh : Redaksi
Jum'at | 18-09-2015 | 08:30 WIB
150917092345_eca__640x360_afp_nocredit.jpg Honda-Batam
Para petinggi ECA saat mengumumkan rencana mereka memberi sumbangan. (Foto : AFP)

BATAMTODAY.COM, Skotlandia - Klub-klub Inggris yang bertanding di Liga Champions dan Liga Eropa sepakat untuk menyumbang sebagian pendapatan dari tiket untuk dana bagi krisis Eropa.

Asosiasi Klub Eropa, ECA, meminta klub-klub menyumbangkan satu euro dari setiap tiket yang terjual dalam pertandingan kandang pertama mereka. Manchester United dan Glasgow Celtic menjadi klub Inggris terakhir yang memastikan untuk ikut serta dalam skema sumbangan ini.

"Penting bagi sepak bola untuk mencerminkan perasaan yang ada di masyarakat," kata Wakil Presiden United, Ed Woodward, dilansir BBC.

Sementara Ketua Eksekutif Celtic, Peter Lawwell, menambahkan bahwa dari Glasgow, Skotlandia, mereka menyaksikan tragedi dari krisis pengungsi tersebut. "Jelas kami tidak bisa memahami apa yang orang-orang ini, ribuan dan segala usia, sudah lalui namun kami terdorong untuk membantu mereka dalam cara apa pun yang kami bisa."

Kampanye membantu para pengungsi, yang disebut "90 Menit untuk Harapan", didasari pada gagasan klub Porto dari Portugal, dan didukung oleh ECA, sebuah mandiri yang mewakili klub-klub di tingkat Eropa.

Kawasan Eropa barat bebeapa pekan belakangan ini sedang menghadapi kedatangan arus ratusan ribu pengungsi, yang sebagian besar mengungsi dari konflik Suriah.

Bagaimanapun beberapa pendukung klub menyatakan penentangan atas usulan ECA tersebut. Satu kelompok pendukung Lech Poznan dari Polandia mengatakan 'tidak setuju' dengan sumbangan dana sementara para pendukung Maccabi, Israel, membawa spanduk bertuliskan 'Pengungsi tidak disambut' dalam pertandingan melawan Kiryat Shmona.

Editor: Dardani
Sumber: BBC