Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Netralitas PNS Bintan dalam Pilkada Harus Diawasi
Oleh : Harjo
Sabtu | 05-09-2015 | 08:36 WIB
doli-boniara.jpg Honda-Batam
Penjabat Bupati Bintan, Doli Boniara Siregar. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Netralitas pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Bintan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) mesti diawasi. Isu yang beredar, mayoritas PNS di Pemerintah Kabupaten Bintan cenderung memberikan dukungan kepala salah satu pasangan calon.

"Berdasar informasi yang kita terima, sebagian PNS berpihak kepada salah satu pasangan calon. Malah ada yang secara terang-terangan ikut turun bersosialisasi saat calon melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat," ungkap Heri Sugianto, tokoh pemuda Bintan Utara, kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (4/9/2015).

Heri menyampaikan PNS memang memiliki hak pilih, tetapi tidak seharusnya terlalu jauh berpihak kepada salah satu calon. Apalagi sampai ikut turun ke lapangan saat calon bersosialisasi.

Penjabat Bupati Bintan, Doli Boniara Siregar, yang dihubungi terpisah mengatakan akan berkoordinasi dengan sekertaris daerah (sekda) guna melakukan pengawasan secara langsung terhadap seluruh PNS.

"Atas masukan dan saran dari masyarakat, segera kita koordinasikan dengan sekda selaku pejabat tertinggi di lingkungan PNS yang bisa secara langsung memberikan pengawasan terhadap kinerja bawahannya," terang Doli.

Sementara itu Ketua Panwaslu Bintan, Ondi Dobi Susanto, belum menjawab konfirmasi. (*)

Editor: Roelan