Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Incheon Korea Lakukan Pembahasan Lanjutan Proyek Pengembangan Bandara Hang Nadim
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 04-09-2015 | 11:03 WIB
2015-09-04 11.02.35.jpg Honda-Batam
Pembahasan lanjutan pengembangan Bandara Hang Nadim antara pihak Incheon Kore dengan pejabat BP Batam di kantor BP Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - ​Incheon International Airport Corporate (IIAC) Korea, kembali melakukan kunjungan ke Bandara Hang Nadim Batam pada Rabu (2/9/2015). Kunjungan kali ini guna melakukan pembahasan lebih lanjut kerja sama perluasan terminal kargo dan terminal penumpang.


Pembahasan juga menyangkut strategi master plan meliputi rencana jangka panjang dan pendek, bentuk kebijakan dalam kerja sama, capaian realistik dan bentuk implementasi pengembangan baru Hang Nadim Batam menuju Bandara International dengan pelayanan kelas dunia.

Kunjungan kali ini merupakan tindak-lanjut kunjungan pertama pada akhir April lalu, dimana Incheon menyatakan ketertarikannya terhadap pengembangan Bandara Hang Nadim Batam, termasuk rencana menjadikan air network conectivity.

Pada kunjungan kali ini Incheon menggandeng beberapa pihak terkait, seperti Ministry of Land, Infrastructure and Transport (MOLIT) Korea, Ernst and Young (EY) Hanyoung Business Network Korea, HK Architecture, dan Yooshin Engineering Corporation Korea.

​Beberapa pejabat dari Korea yang hadir dalam pembahasan ini, diantaranya Kim Jung Han Overseas Construction Policy Division of MOLIT, Cho Yong Soo Director Incheon International Airport Corporate, Seung Kyun Jung Yooshin Engineering Corporation Korea, Kyoung Ho Kim dari HK Architecture, beserta 5 anggota lainnya.

Rombongan dari Korea diterima oleh Anggota 2/ Deputi Bidang Perencanaan dan Pengembangan I Wayan Subawa, Kepala Biro Perencaaan Teknik, Imam Bachroni, Kepala Bagian Umum Otoritas Bandara Hang Nadim Suwarso, Kepala Bidang Komersial Bandara Hang Nadim Dendi Gustinanadar, Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Iyus Rusmana, Kepala Bagian Bina Program Binsar Tambunan dan pejabat terkait.

​Disampaikan Kim Jung Han, bahwa studi fase 1 (satu) pengembangan Bandara Hang Nadim Batam ini akan terus berjalan dengan observasi. Apabila projek ini berjalan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bahwa ketertarikan Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea ini akan diperluas dengan desain investasi ke sektor-sektor lain.

"Sektor lain kemungkinan bisa kerja sama, seperti akses transportasi jalan tol," kata Kim Jung Han.

​Kunjungan ini kemudian berlanjut dengan pertemuan resmi antara Incheon International Airport Corporate (IIAC) Korea dan Ministry of Land, Infrastructure and Transport (MOLIT) Korea dengan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, bertempat di Kantor BP Batam.

Kepala BP Batam Mustofa Widajaja dalam sambutannya Mustofa menyatakan, BP Batam akan mendukung projek pengembangan Bandara Hang Nadim Batam serta proyek-proyek lainnya, bersama dengan Incheon International Airport Corporate (IIAC) Korea dan Ministry of Land, Infrastructure Korea.

"Kami akan dukung tentunya langkah baik yang coba ditawarkan pihak Korea, dan tentu saja kami memohon dukungan yang sama bagi pengembangan transportasi dan transhipment serta tourism Batam," ujar Mustofa.

​Diharapkan, setelah status pengelolaan Hang Nadim yang bukan lagi UPT Kemenhub maka BP Batam selaku otoritas Bandara Hang Nadim dapat menjalin kerja sama pengoperasiannya secara optimal dengan pihak Korea.

"Tujuannya menjadikan bandara tersebut semakin baik dan mampu dikembangkan sesuai master plan," ujarnya.

Editor: Dodo