Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Sekolah di Batam Ini Sepi Peminat Lantaran Kalah dengan Sekolah Unggulan
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 01-09-2015 | 18:56 WIB
muslim-bidin-baru.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Muslim Bidin

BATAMTODAY.COM, Batam - Empat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sepi peminat dalam Penerimaan Peserta Didik  Baru (PPDB) beberapa waktu lalu karena kalah bersaing dengan sekolah unggulan. 

"Empat sekolah ini berdekatan dengan sekolah yang sudah ada. Sehingga daya saing dan peminatnya sepi," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Muslim Bidin, Selasa (1/9/2015) 

Empat sekolah tersebut yaitu SMAN 18 berlokasi di Cipta Asri Sagulung, SMA 19 Tunas Sagulung, SMA 20 Legenda Malaka dan SMA 21 Batam Center. 

"Semua sekolah itu baru dibangun dan sudah beberapa tahun beroperasi. Tahun kemarin tidak sampai 3 kelas siswa baru yang diterima," katanya.

Muslim menilai sekolah tersebut terbilang baru sehingga masyarakat tidak mendaftarkan anaknya  lantaran adanya sekolah uanggulan yang berada di lokasi yang sama.

Contohnya SMA 20 lokasi sekolah tidak jauh dari SMA 2 dan SMA 19 yang juga dekat dengan SMK 5 Sagulung Batam. "Karena itu sekolah baru dan fasilitasnya seadanya. Sehingga wali murid lebih memilih sekolah yang sudah punya prestasi," katanya.

Muslim mengaku Disdik belum ada program untuk Penerimaan Peserta Didik Baru agar siswa di Batam merata di seluruh sekolah yang ada. "Ini tergantung wali murid memasukan anaknya. Tapi saya kira semua sekolah negeri di Batam itu sama, mungkin ada sedikit perbedaan fasilitas yang ada," pungkasnya.

Editor: Dodo