Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Bintan Gelar Apel dan Simulasi Pengamanan Pilkada 2015
Oleh : Harjo
Jum'at | 21-08-2015 | 14:57 WIB
simulasi-pengaman-pilkada-b.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Simulasi pengamanan pilkada dalam apel Operasi Mantap Praja 2015 di Polres Bintan.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Polres Bintan menggelar apel Operasi Mantap Praja 2015 dan simulasi pengamanan mulai dari tahapan hingga terpilihnya calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada pada Jumat (21/8/2015).

Kapolres Bintan, AKBP Cornelius Wisnu Adji Pamungkas bertindak sebagai inspektur apel membacakan amanat Kapolda Kepri, menyampaikan anggota Polri harus bisa menempatkan diri dengan menyesuaikan dengan karakteristik daerah untuk mengamankan daerah serta tidak terlibat atau berpihak pada salah satu calon.

Walau diyakini aman, namun harus tetap siaga dan melakukan antisipasi sejak dini, khususnya menjelang hingga selesainya pelaksanaan Pilkada.

Dalam seluruh tahapan Pilkada Polres Bintan mengerahkan 2/3 dari kekuatan atau 269 personel untuk pengamanan. Dimana dalam pelaksanaanya Pilkada nantinya diperkirakan akan ada 315 tempat pemungutan suara (TPS) dan khusus di seluruh TPS, sebanyak 152 personel Polres Bintan akan ditempatkan.

"Kalau melihat dari jumlah TPS pada Pilpres lalu, sebanyak  315 TPS yang akan diamankan. Kecuali TPS yang berada Lembaga Permasyarakatan (LP) km 16 Bintan timur yang akan dilakukan pengawasan khusus karena dinilai rawan," terang Cornelius.

Dijelaskan, tahapan kampanye cukup panjang, untuk calon hanya diberikan kesempatan 1 kali melakukan kampanye terbuka. Selain itu para calon hanya melakukan kampanye terbatas, baik berupa dialog, tatap muka dan lainnya.

Pada pelaksanaan kampanye terbuka untuk pengamanan kemungkinan akan dikerahkan kekuatan penuh, dimana selain kekuatan personel dari Polres Bintan, satu kompi Brimob Polda Kepri juga disiagakan di Bintan.

"Karena kondisi Bintan masalah jarak tempuh sangat menentukan, maka pergeseran pasukan harus dilakukan terlebih dahulu. Di sisi lain, Polres Bintan juga, sudah membentuk Sentra Gakkumdu, khusus untuk penanganan kasus tindak pidana Pilkada. Apabila Panwaslu menemukan tindak pidana Pilkada, maka kasusnya harus dilimpahkan ke Sentra Gakkumdu," tambahnya.

Apel Pasukan Mantap Praja 2015 yang dilanjutkan dengan simulasi pengamanan Pilkada, dihadiri oleh pimpinan unsur TNI, KPUD Bintan, Panwaslu Bintan, kepada SKPD BIntan serta sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Editor: Dodo