Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pagi Ini Polres Natuna Gelar Pasukan untuk PAM Pilkada
Oleh : Nursali
Jum'at | 21-08-2015 | 07:34 WIB
Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Kepolisian Resor Natuna melaksanakan gelar pasukan di Lapangan Sulaiman Abdullah, Tarempa, pagi ini. Sebanyak 123 personel akan mengikuti gelar pasukan tersebut.

Wakapolres Natuna, Kompol Agung Surya Prabowo, mengatakan, 123 personel tersebut terdiri 57 personel yang tergabung dari tiga polsek di tiga pulau besar di Anambas, serta 66 orang personel dari BKO Polres Natuna. Tidak hanya aparat kepolisian, gelar pasukan juga melibatkan sejumlah instansi lain seperti Satpol PP, Linmas, dan TNI.

"Bila tidak ada halangan, akan dilakukan besok (hari ini, red). Gelar pasukan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia," kata Agung, saat ditemui di Mapolsek Siantan, Kamis (20/8/2015).

Ia menambahkan, personel Brimob akan siaga bila diperlukan untuk pengamanan pilkada. Satu pleton personel Brimob juga telah disiagakan di Natuna.

Sebelumnya, Polres Natuna menurunkan 123 personel untuk mengamankan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Agung menambahkan, sesuai dengan data yang diperoleh dari KPU, total tempat pemungutan suara (TPS) ada 105 dan personel akan ditempatkan satu personel setiap satu TPS. Namun hal itu tidak selalu menjadi patokan dan akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

"Pola PAM TPS kita atur dengan pola 1-2-1, yang artinya satu TPS dua linmas dan satu personel polisi. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan tentunya pola itu bisa berubah," katanya.

Agung menyampaikan, dalam pengamanan pilkada di Anambas, Polres Natuna akan mempersiapkan empat satuan tugas untuk melakukan pengamanan selama pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada). Adapun satgas tersebut meliputi Satgas Lidik yang terdiri dari anggota Intel dan Sablinmas, Satgas Preventif yang terdiri dari Satsabhara dan Satlantas, Satgas Gakumdu yang terdiri dari Satreskrim, dan Satgas Tindak yang terdiri dari Satsabhara dan Brimob. (*)

Editor: Roelan