Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua FPKB DPR Gelar Pameran Foto Hasil Karyanya
Oleh : Surya
Rabu | 19-08-2015 | 12:37 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Fraksi PKB, A. Helmy Faishal Zaini memamerkan 70 foto hasil jepretannya sendiri di Gedung Nusantara II DPR RI. Pameran foto bertajuk 'Nekamese' itu digelar mulai tanggal 18-21 Agustus 2015 dalam rangka meramaikan perayaan kemerdekaan Republik  Indonesia ke 70 tahun. 


Pameran foto diawali dengan diskusi dengan pakar fotografi yakni Arbain Rambey fotografer senior harian Kompas dan Kristupa Saragih Founder Fotografer.net.
 
Helmy menyajikan 70 foto yang menggambarkan seluruh wilayah Aceh sampai Papua. Dan  hasil foto tentang Pulau Wayag, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat dijadikan foto utama  dalam pameran kali ini. Dengan menggunakan lensa fish eye, gambar nampak seperti mata ikan dengan menangkap seluruh objek wayag dalam gugusan  wayag yang ada.
 
"Kita banyak pesan yang ingin disampaikan, pertama membangun kesadaran bahwa  Indonesia Negara kepulauan, banyak memiliki potensi budaya, adat istiadat yang khas yang tidak dimiliki bangsa lainnya. Saya ingin mengajak untuk melihat destinasi, keragaman khasanah budaya nusantara dan keindahan alam dari aceh hingga papua. Semoga bisa jdi inspirasi bagi kita semua," demikian rilis yang disampaikan Helmy Faishal Zaini pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (19/8/2015).
 
Helmy menceritakan fotografi sebagai salah satu hobi yang dimiliki sejak lama, bahkan sebelum jadi Menteri PDT. Sejumlah foto yang dipamerkan hasil jepretan sebelum menjadi menteri hingga sekarang duduk di Komisi X DPR RI. Hobi fotografi, ia melanjutkan  bermanfaat dalam tugasnya sekarang, karena berhubungan dengan bidang pariwisata.
 
"Keindahan alam dan budaya Indonesia sangat kaya raya dibandingkan dengan negara tetangga Malaysia. Bandingkan dengan 3B (Bromo, Borobudur dan Bali) saja jauh mereka, tidak ada apa-apanya. Tapi anggaran pariwisata Malaysia 100 kali lipat kita, anggaran promosi pariwisata kita cuma Rp 1 triliun," tambah Helmy yang juga anggota Komisi X DPR RI ini.
 
Ia melanjutkan Malaysia melalui pariwisata mendapatkan pendapatan 100 persen, sementara kita masih tahun ini menargetkan wisatawan 6 juta.

Tak lupa, Helmy juga menjelaskan inspirasi tema 'Nekamese' didapatkan dari sosok pejuang lingkungan bernama Mama Aleta yang berdomisili di Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, NTT. Mama Aleta sosok pejuang yang mempertahankan desanya dari kejahatan  korporasi. 
 
“Ada banyak pesan yang ingin disampaikan, banyak sekali anak-anak Indonesia yang lupa  dengan bahasa daerah, padahal kita punya khasanah bahasa yang sekarang banyak terlupakan. Kata Nekamese berasal satu kampong di Kupang, NTT yang artinya satu jiwa yang terinspirasi dari sosok pejuang lingkungan bernama Mama Aleta.”jelasnya
 
Sementara Arbain Rambey mengapresiasi pameran foto Ketua Fraksi FPKB ini. Ditengah kesibukan sebagai pejabat negara mampu menyalurkan hobi fotografinya. "Saya tak mengira, dengan kesibukannya sebagai politisi dan juga dulu di menteri yang selalu diatur protokoler, Pak Helmy ini mampu menghadirkan gambar dari sudut yang tidak semua orang bisa mendapatkanya," terang Arbain.
 
Apresiasi juga diberikan pendiri fotografer.net Kristupa Saragih. Bahkan Kristupa menawar salah satu karya Helmy berjudul 'Jakarta' (Captured from the sky) karena menurutnya foto tersebut diambil dengan komposisi sangat bagus.

Editor: Surya