Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Idul Adha Masih Sebulan Lagi, Pedagang Hewan Kurban Sudah Marak di Batam
Oleh : Hadli
Sabtu | 15-08-2015 | 15:10 WIB
sapi-haji-mansur.jpg Honda-Batam
Sapi untuk kurban yang berada di penangkaran milik Haji Mansur di Batu Besar.

BATAMTODAY.COM, Batam - Perayaan Hari Raya Idul Adha masih sebulan lagi, atau tepatnya akan dirayakan pada 24 September 2015 mendatang. Namun, pedagang hewan kurban berupa sapi dan kambing sudah marak di berbagai sudut Batam.

Seperti di Nongsa, pedagang hewan kurban mulai mendatangkan sapi dan kambing melalui  Asosiasi Peternak Batam dari Provinsi Lampung. 

"Tahap awal untuk sapi baru 23 ekor dan kambing sebanyak 140 ekor yang saya datangkan," kata anggota Asosiasi Peternak Batam, Haji Mansur di penangkaraan ternak kurban, Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Sabtu (15/8/2015). 

Ia mengatakan, sudah sejak 2003 menekuni bisnis hewan kurban. Sapi dan kambing yang didatangkan dari Lampung sudah sekitar satu minggu yang lalu, masuk melalui pelabuhan di Punggur. 

Sapi-sapi yang datangkan dari Lampung, menurutnya berasal dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan jenis Sapi Bali. Untuk kambing kata dia, asli dari peternakan di Lampung. Hewan kurban yang tiba di Batam melalui jalur laut ini, sudah diperiksa oleh pihak Karantina. 

"Saat tiba di pelabuhan, pihak Karantina langsung memeriksa satu per satu. Sample darahnya diambil. Kalau belum diperiksa tidak mungin bisa tiba sampai di sini (Batu Besar)," tuturnya. 

Dari 23 ekor sapi yang sudah tiba, sekitar 77 ekor masih akan datangkan. Sementara, kambing keseluruhan sebanyak 600 ekor yang datangkan dari Lampung secara bertahap. 

Kata Haji Mansur, sapi dan kambing yang dijualnya untuk kebutuhan kurban masyarakat di Batu Besar dan sekitarnya masih tergolong terjangkau dibanding tempat lainnya. 

"Berat sapi berkisar 180 hingga 200 kilogram dijual seharga Rp 17 sampai  Rp 20 juta. Untuk kambing dengan berat 23 hingga 35 kilogram  berkisar Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta. Tapi kita jual per ekor," tuturnya. 

Masyarakat Batam, perangkat RT dan RW termasuk pengurus masjid dan mushala yang ingin memesan hewan kurban bisa langsung melihat di simpang tiga Batubesar, tepatnya di sebalah Pos PJR milik Ditlantas Polda Kepri dengan menghubungi Haji Mansur melalui nomor 085356453667. 

Editor: Dodo