Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ST MPR dan Peringatan HUT RI ke-70

Ketua MPR Minta Pimpinan Lembaga Negara Renungkan Perkataan Bung Karno dan Bung Hatta
Oleh : Surya
Jum'at | 14-08-2015 | 14:25 WIB
zulkifli hasan jp.jpg Honda-Batam
Ketua MPR Zulkifli Hassan

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta seluruh pimpinan lembaga negara hadir untuk merenungkan kembali perkataan Bung Karno dan Bung Hatta.


Hal itu dikatakan Zulkifli saat berpidato pada sidang tahunan MPR 2015 di ruang Sidang Paripurna I, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

"Indonesia luas tanahnya dan besar daerahnya dan sebagai nusantara tersebar letaknya. Oleh karena itu soal-soal yang mengenai pembangunan negara Indonesia yang Merdeka dan kuat tak sedikit jumlahnya dan tidak pula mudah adanya," kata Zulkifli mengutip pernyataan Bung Hatta.

"Pemerintah negara yang semacam itu hanya dapat diselenggarakan oleh mereka yang mempunyai tanggung jawab yang sebesar-besarnya dan mempunyai pandangan yang amat luas. Rasa tanggungjawab itu akan hidup dalam dada kita, jika kita sanggup hidup dengan memikirkan lebih dahulu kepentingan masyarakat, keselamatan nusa dan kehormatan banga," tambah Zulkifli yang masih mengutip perkataan Bung Hatta.

Zulkifli juga meminta ungkapan Bung Karno pada ulang tahun kelima kemerdekaan Indonesia direnungkan.

"Semangat proklamasi adalah Semangat rela berjoang, berjoang mati-matian dengan penuh idealism dan dengan mengesampingkan segala kepentingan sendiri," ujar Zulkfili.‎

Zulkifli menilai 70 tahun kemerdekaan RI menjadi momentum bagi seluruh masyarakat untuk bersatu.

"Semangat membentuk dan membangun negara, kikislah bersih semua kuman, kelunturan, dan degenerasi itu hidupkanlah kembali semangat proklamasi," kata Ketua Umum PAN itu kembali mengutip pernyataan Soekarno.

Sebagai pelaku kedaulatan, lanjutnya, MPR telah menjalankan tugas dan wewenangnya.

"MPR sebagai unsur perwakilan politik memfasilitasi kesesuaian lembaga negara," ujar Zulkifli.

Terlaksananya sidang ini telah melalui proses yang panjang. MPR yang kali ini menjadi penyelenggara sebelumnya telah melakukan persiapan dan bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan lembaga negara.

"Presiden menyampaikan dukungannya, mendukung sidang yang penuh kekompakan dan keharmonisan dengan suasana yang kondusif baik dari politik sosial, hukum dan keamanan," ucap Zulkifli.

Pada HUT kemerdekaan, Indonesia, kata dia, harus terus berjuang dengan penuh idealisme. Menurutnya, semangat proklamasi adalah semangat persatuan.

Dalam sidang ini, MPR berharap, ke depan pemerintah dan seluruh lembaga negara dapat terus melakukan pembenahan dan menyelesaikan konflik horizontal.

"Harus ada upaya serius dan berkesinambungan menyatukan bangsa Indinesia," kata Zulkifli.

Ketua Umum PAN mengatakan, bahwa di HUT ke 70 ini, Indonesia mencapai kemajuan di berbagai bidang. 

"Reformasi di berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia terus menjadi negara demokratis," ucap Zulkifli.

Editor : Surya