Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilkada 2015, Pemilih Pemula di Batam Capai Hampir 100 Ribu Orang
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 12-08-2015 | 12:05 WIB
ketua-kpu-batam-agus.jpg Honda-Batam
Ketua KPU Batam, Agus Setiawan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menyatakan sudah melakukan pendataan pemilih pemula atau usia dini. Setidaknya hampir 100 ribu pemilih pemula yang sudah terdaftar.

Ketua KPU Batam, Agus Setiawan, mengaku pemilih pemula akan meningkat menjelang pemilihan kepala daerah pada Desember mendatang. "Sudah ada 99 ribu pemilih pemula yang sudah terdaftar di KPU Batam," kata Agus, Rabu (12/8/2015). 

Jumlah tersebut didapat KPU dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melakukan update penduduk di Batam yang memasuki usia pemilih 17. Tentunya mereka yang menginjak usia 17 tahun pada hari H-9 Desember nanti.

"Usia pemilih pemula pada Pilkada nanti sebanyak 99 ribu saat ini. Angka itu dari Disdukcapil kota Batam, namun saat ini kita juga masih‎ lakukan penelitian pemilih di lapangan," ujarnya.

Seperti diketahui pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014 lalu, angka pemilih sebanyak 870 ribuan. Dipastikan jumlah pendatang ke Batam pun tetap menunjukkan peningkatan.

KPU melalui Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) saat ini pun masih melakukan pencocokan dan penelitian hingga Rabu (19/8/2015). Setelah itu pihaknya akan melakukan perekapan calon pemilih.

"Nanti setelah pencocokan dan penelitian oleh PPDP, baru mulai akan terlihat berapa angka pemilih Pilkada ditambah pemilih pemula," pungkasnya.

Editor: Dodo